KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Fitra Belum Bersikap Atas Somasi Pemkot Pekalongan


SUARA MERDEKA.com – Senin, 06 Januari 2014

SEMARANG, suaramerdeka.com – Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra) Jateng belum mengambil sikap atas ancaman somasi dari Pemkot Pekalongan soal catatan akhir tahun 2013 yang menempatkan salah satu daerah di pantura bagian barat itu di peringkat kedua penyimpangan anggaran terbesar kedua setelah Kabupaten Kendal.

Hasil catatan Fitra mendasari hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) semester I tahun 2013, penyimpangan anggaran di Kota Pekalongan sebesar Rp 60,98 miliar dengan jumlah kasus 84. Adapun, rangking tertinggi diduduki Kendal dengan penyimpangan anggaran Rp 204,46 miliar dengan jumlah 94 kasus.

Koordinator Fitra Jateng, Mayadina menyatakan, hingga Jumat (3/1) siang, forumnya belum menerima somasi yang rencananya akan dilayangkan Pemkot Pekalongan. Karenanya, ia enggan menanggapi ancaman somasi tersebut.

“Sampai detik ini kami belum menerima somasinya. Jadi belum bisa komentar dulu,” jelasnya. Meski demikian, ia menegaskan, Fitra siap menghadapi somasi jika Pemkot Pekalongan benar-benar melakukannya.

Wakil Ketua Komisi A DPRD Jateng, Atyoso Mochtar mengemukakan, somasi berhak diajukan Pemkot Pekalongan karena itu bagian dari haknya. Namun, sebelum melakukan somasi, pemerintah daerah hendaknya memeriksa dan mencermati dulu hasil audit BPK semester I tahun 2013.

“Harus diperiksa dulu, benar atau tidaknya sebelum melakukan somasi,” jelas anggota Fraksi Demokrat DPRD Jateng.

Menurut dia, catatan Fitra ini berdasarkan hasil audit BPK. Untuk itu, data yang dirilis sebagai catatan akhir tahun itu juga bisa terpercaya. Sebelumnya, Sekda Kota Dwi Arie Putranto menilai Fitra tidak proporsional dan profesional dalam menyampaikan data.

Catatan forum itu diibaratkan sebagai buku, yang hanya bagian pendahuluannya. Penyimpangan anggaran Rp 60,98 miliar dengan jumlah kasus 84 ini adalah rekapitulasi hasil pemantauan BPK sejak 2005 hingga 2013. Pada semester kedua 2013, Pemkot Pekalongan menindaklanjuti temuan itu.

( Royce Wijaya / CN31 / SMNetwork )

Sumber : http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2014/01/03/185754/Fitra-Belum-Bersikap-Atas-Somasi-Pemkot-Pekalongan

6 Januari 2014 - Posted by | PEKALONGAN

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: