KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Pemkot Pekalongan Akan Somasi Fitra


SUARA MERDEKA – Kamis, 02 Januari 2013

PEKALONGAN – Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan berencana menyo­masi Forum Indonesia untuk Transpa­ransi Anggaran (Fitra) Jawa Tengah terkait rilis yang menempatkan Kota Pekalongan se­bagai pemerintah daerah (pemda) de­ngan penyimpangan anggaran terbesar ke­dua setelah Kabupaten Kendal.

Sekda Kota Pekalongan Dwi Arie Pu­tranto menilai, Fitra tidak proporsional dan profesional dalam menyampaikan data tersebut. Ibarat buku, kata dia, data yang dirilis Fitra hanyalah bagian pendahuluannya.

“Fitra hanya membaca pendahuluannya saja,” terang dia kepada wartawan di Ru­ang Kresna Setda, Selasa (31/12).

Menurut dia, penyimpangan anggaran yang dirilis Fitra sebesar Rp 60,98 miliar dengan jumlah kasus 84, adalah rekapitulasi hasil pemantauan BPK sejak tahun 2005 hingga 2013.

Adapun hingga semester kedua tahun ini, Pemkot Pekalongan sudah melakukan tindak lanjut atas temuan tersebut. Ia menyebut, hingga semester kedua tahun ini, temuan tinggal 38 dengan nilai Rp 2,8 miliar. “Karena itu, kami akan mensomasi Fi­tra. Karena akibat pemberitaan ini, mun­cul opini-opini di masyarakat bahwa telah terjadi penyimpangan penggunaan an­g­garan,” tegasnya.

Sekda memaparkan, berdasarkan peme­riksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) sejak tahun 2005 hingga 2013, terdapat temuan 141 kasus dengan nilai Rp 61,312 miliar.

Menurut dia, nilai tersebut tidak hanya finansial, tetapi ada yang bersifat administrasi, yakni pencatatan aset tidak sesuai standar akuntansi pemerintah mencapai Rp 42,38 miliar.

Sedangkan temuan berupa finansial yang direkomendasikan harus ditindaklanjuti sebesar Rp 18,93 miliar.

Dari angka Rp 18,93 miliar itu, hingga semester 1 tahun 2013 (Januari hingga Juni), sudah ditindaklanjuti sebesar Rp 15,562 miliar. Dengan demikian, hingga semester 1 tahun 2013, temuan yang belum ditindaklanjuti berupa finansial masih tersisa Rp 3,368 miliar.

Nilai tersebut meliputi LKPD tahun 2012 berupa pajak reklame senilai Rp 7,084 juta, pekerjaan paviliun rumah dinas ketua DPRD Rp 17,9 juta, belanja tahun 2011 dan 2012 berupa kelebihan pembayaran pengadaan sarana TIK senilai Rp 94,11 juta, dan Laporan Keuangan Daerah (LKD) tahun 2009 berupa piutang retribusi pasar Banjarsasi sebesar Rp 264,42 juta.

Selain itu, dana bergulir kredit ketahanan pangan (KKP) dan trading house sebesar Rp 940,61 juta, piutang pajak dan retribusi delapan pasar senilai Rp 1,4 miliar, piutang pasien RSUD Bendan Rp 79,265 juta dan LKD tahun 2008 berupa Belanja Penun­jang Operasional (BPO) dan Tunjangan Komunikasi Intensif (TKI) anggota DPRD sebesar Rp 561,6 juta.

Tindak Lanjut

“Hingga semester kedua tahun ini, sudah ada tindak lanjut senilai Rp 483,8 juta,” jelasnya.

Temuan yang sudah ditindaklanjuti pada semester kedua tersebut, yakni pe­kerjaan paviliun rumah dinas ketua DPRD senilai Rp 17,9 juta.

Begitu juga belanja untuk kelebihan pembayaran pengadaan sarana TIK sebesar Rp 94,11 juta dan pajak re­klame sebesar Rp 4,1 juta, sudah selesai.

Sedangkan piutang retribusi Pasar Ban­jarsari, lanjut dia, oleh BPK dihapusbuku­kan pada semester kedua tahun ini. Se­men­tara itu, KKP dan trading house yang sudah ditindaklanjuti hingga semester ke­dua tahun ini baru Rp 103,2 juta.

Hingga semester kedua tahun ini, lanjut dia, dari data BPK, status pemantauan tindak lanjut tinggal 38 kasus dengan nilai Rp 2,88 miliar.

Terdiri atas dana bergulir KKP dan trading house, piutang pajak dan retribusi delapan pasar, piutang pasien RSUD Bendan dan BPO TKI anggota DPRD.

“Semua dana itu ada di masyarakat yang harus ditagih,” tambahnya. Hadir pada acara itu, Kepala Dinas Pendapatan, Pe­ngelola Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Bambang Nurdiyatman, Kepala Inspektorat Erli Nufiati, Kepala Badan Pe­rencanaan Pembangunan Daerah (Bap­peda) Sri Ruminingsih dan Asisten Sekda Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kesra Sri Wahyuni. (K30-49,15)

Sumber : http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2014/01/02/248049/Pemkot-Pekalongan-Akan-Somasi-Fitra

5 Januari 2014 - Posted by | PEKALONGAN

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: