KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Seleksi KPU Magelang Disusupi Parpol


SUARA MERDEKA – Kamis, 19 Desember 2013

SEMARANG – Satu calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Magelang terindikasi sebagai kader partai politik. Jika terbukti, KPU Jateng akan mencoret nama yang bersangkutan. Anggota KPU Jateng Wahyu Setiawan mengatakan, pihaknya mendapat laporan bahwa calon berinisial GAS merupakan sekretaris Pimpinan Anak Cabang Partai Gerindra Kecamatan Bandongan, Kabupaten Magelang. Laporan diperkuat dengan lampiran Surat Keputusan Nomor 05-01/Kpts/DPC-Gerindra/2011 tertanggal 20 Mei 2011 tentang Susunan Personalia PAC Bandongan yang ditandatangani Ketua DPD Partai Gerindra Jateng Abdul Wachid. ”GAS ini sudah masuk dalam 10 besar calon yang lolos sebagai anggota KPU Kabupaten Magelang. Laporan kami terima kemarin (Selasa (17/12),” katanya, di Kantor KPU Jateng, Rabu (18/12).

Dalam salinan SK dimaksud, tertera bahwa inisial GAS adalah Gunawan Aris Sukmanto. Dari penelusuran di lapangan, KPU mendapat informasi ternyata yang bersangkutan saat ini telah menjabat sebagai anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Bandongan. Namun demikian, menurut Wahyu, pihaknya hanya akan menindaklanjuti sebatas hubungan antara pencalonan KPU dan keanggotaan parpol.

Pemberhentian Tidak Hormat

Adapun untuk kasus jabatan Panwascam diserahkan kepada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jateng. ”Laporan ini akan kami validasi dahulu. Apakah dokumen SK tersebut benar. Jika benar, maka yang bersangkutan tidak bisa masuk tahap selanjutnya,” kata Wahyu.

Wahyu melanjutkan, syarat seseorang menjadi penyelenggara pemilu ialah tidak menjadi anggota parpol dalam kurun waktu lima tahun terakhir. Syarat itu termaktub dalam Undang-Undang Nomor 15 tahun 2011. Mengantisipasi adanya penyusupan anggota partai politik ke penyelenggara pemilu, KPU  membuka durasi waktu penerimaan masukan masyarakat lebih lama. Jika sebelumnya, penerimaan masukan hanya ketika pengumuman 20 besar, kini juga dibuka setelah memasuki tahap 10 besar.

Perpanjangan penerimaan masukan ini untuk seleksi anggota KPU di empat daerah. Yakni Kabupaten dan Kota Tegal, Kabupaten Karanganyar serta Kabupaten Magelang. Seleksi di empat daerah ini merupakan susulan karena pada saat seleksi serentak, keempatnya sedang menggelar pemilihan kepala daerah. “Empat daerah itu sudah masuk tahap uji kepatutan dan kelayakan, kecuali Kota Tegal,” sambung Wahyu.

Koordinator Divisi Pengawasan dan Humas Bawaslu Jateng Teguh Purnomo mengatakan, jika dari hasil klarifikasi yang bersangkutan benar dan ada buktinya, akan langsung diberhentikan dengan tidak hormat. (H68, J17-90)

Sumber : http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2013/12/19/246802/Seleksi-KPU-Magelang-Disusupi-Parpol

20 Desember 2013 - Posted by | MUNGKID - KAB. MAGELANG

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: