KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Jadi Tersangka, Bupati Sragen Akan Diperiksa


SUARA MERDEKA – Sabtu, 07 Desember 2013

SEMARANG – Penyidik Polda Jateng segera memeriksa Bupati Sragen Agus Fatchur Rahman sebagai tersangka kasus dugaan penipuan pemberian jabatan.

Kapolda Jateng Irjen Pol Dwi Priyatno mengatakan, pihaknya segera mengirimkan surat panggilan pemeriksaan sebagai tersangka kepada Bupati Sragen. ”Besok (hari ini-red) surat panggilan pemeriksaan kami layangkan,” ungkapnya, Jumat (6/11), di Mapolda Jawa Tengah.

Namun Kapolda belum mau menjelaskan kapan pemeriksaan tersebut dilakukan. ”Yang jelas dekat-dekat ini akan kami periksa,” ujarnya.

Menurut dia, pemeriksaan Bupati Sragen sebagai tersangka untuk kali pertama akan dilakukan. Sebelumnya dia diperiksa penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum sebagai saksi.

Penetapan tersangka dilakukan setelah proses penyelidikan ditingkatkan menjadi penyidikan karena sudah ada bukti.  ”Kami melakukan penyelidikan kemudian memeriksa sebagai saksi. Setelah ada bukti ditingkatkan menjadi penyidikan,” katanya.

Lebih lanjut pihaknya sudah melayangkan Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) kepada Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah. Dengan surat tersebut, otomatis sudah ada yang menjadi tersangka, yaitu Agus.

”Kalau kami melakukan  penyidikan harus ada SPDP kepada Kejaksaan dan harus ada tersangkanya. Ya yang bersangkutan (Bupati Sragen) jadi tersangkanya,” katanya. Kasus tersebut muncul setelah pihaknya mendapat laporan dugaan penipuan yang melibatkan Agus. Pelapor yakni Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sukoharjo Agus Bambang Haryanto ke Polda Jawa Tengah pada 7 Maret 2013.

Bantuan Pemenangan

Pelapor merasa kecewa lantaran Agus Fatchur Rahman tidak menepati janji mengangkatnya sebagai Sekda Kabupaten Sragen. Padahal pelapor telah memberi uang Rp 800 juta sebagai bentuk bantuan untuk pemenangan Agus pada Pemilihan Kepala Daerah 2011. Setelah dilantik menjadi Bupati Sragen, terlapor telah mengembalikan Rp 750 juta dari Rp 800 juta. Namun tindakan itu belum cukup sehingga dia memutuskan untuk menempuh jalur hukum.

Pelaporan itu kemudian dikembangkan pihak penyidik Polda Jateng. Awal penanganan Agus berstatus saksi, namun setelah alat bukti cukup status Agus berubah menjadi tersangka.

Liek A Palali SH, kuasa hukum Bupati Sragen Agus Fatchur Rahman ketika dikonfirmasi mengatakan, akan mengikuti prosedur hukum. Nanti (di pengadilanred) bisa diberikan bukti-bukti. ”Kami mengutamakan asas praduga tak bersalah,” katanya.

Kalau A Bambang Haryanto punya bukti (penipuan), lanjut dia, nanti akan divalidasi. Soalnya, menurut Liek, antara pinjaman kliennya dan pencalonan pelapor sebagai sekda Sragen, tidak bisa dicampur aduk. ”Itu persoalan berbeda.” (K44,H74,nin-80)

Sumber : http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2013/12/07/245549/Jadi-Tersangka-Bupati-Sragen-Akan-Diperiksa-

13 Desember 2013 - Posted by | SRAGEN

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: