KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Harga Pembelian Kendaraan Dinas Ditetapkan LKPP


SUARA MERDEKA – Selasa, 15 Oktober 2013

MAGELANG, suaramerdeka.com – Harga pembelian sepeda motor dan mobil dinas pemerintah ditetapkan oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

“Harganya di bawah harga pasaran,” kata Sekretaris Pokja Unit Layanan Pengadaan (ULP) Pemkot Magelang, Ariadi Wahyu Utomo, Selasa (15/10).

Meski harganya lebih murah dari harga pasaran, lanjutnya, pejabat pengadaan yang melakukan transaksi tetap wajib menawar. “Bisa dinego (ditawar red) maupun tidak harus dilaporkan kepada LKPP, dan selanjutnya dijadikan bahan bagi lembaga itu untuk menetapkan standar harga.”

Seperti diberitakan, pada APBD Perubahan 2013 Pemkot Magelang membeli mobil dinas baru. Antara lain membeli tiga Toyota Innova untuk mobil dinas wali kota, wakil wali kota dan sekda. Yang membedakan dari ketiga Toyota Innova tersebut hanya tipenya.

Selain itu juga membeli tiga Toyota Avanza untuk mobil dinas camat, empat Toyota Avanza untuk kepala kantor serta beberapa mobil untuk sekretaris dinas. Berikutnya membeli mobil sampah untuk kelurahan, sebuah dump truk untuk Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Tata Kota.

Ariadi menerangkan, untuk membeli sepeda motor dinas merek Honda yang mau menjual sesuai harga yang ditetapkan LKPP di Kota Magelang hanya Honda Astra Internasional Karanggading. Untuk mobil merek Toyota hanya di Nasmoco. “Dealer sepeda motor maupun mobil lainnya tidak mau karena di bawah harga pasaran. Itu sudah saya buktikan,” tegasnya.

Dia mengemukakan, yang bisa dinego meski harga sudah ditetapkan LKPP hanya sepeda motor dan mobil yang penjualannya tidak laris di pasaran. “Seperti sepeda motor Honda dan mobil Toyota Avanza karena laris tidak bisa dinego, harganya mengikuti ketetapan LKPP,” ungkapnya sambil menambahkan, lembaga itu akan menerbitkan harga sepeda motor dan mobil setiap triwulan.

Ditanya mengenai pembelian mobil dinas BUMD, dia menjelaskan, harus sesuai harga yang ditetapkan LKPP meski pelat nomor kendaraan BUMD adalah hitam. Karena instansi yang mengawasi SKPD dan BUMD adalah sama, yaitu Kantor Inspektorat.

Harga jual sepeda motor dan mobil yang ditetapkan LKPP sudah termasuk bea balik nama kendaraan bermotor, pajak kendaraan bermotor dan biaya administrasi. Selain kendaraan bermotor, LKPP juga menetapkan harga obat-obatan dan mesin pertanian.

( Doddy Ardjono / CN31 / SMNetwork )

Sumber : http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2013/10/15/175847/Harga-Pembelian-Kendaraan-Dinas-Ditetapkan-LKPP

19 Oktober 2013 - Posted by | MAGELANG

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: