KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Penipuan CPNS Raup Rp 3,4 Miliar


SUARA MERDEKA – Senin, 30 September 2013

  • Dijanjikan Kerja di Kemenkeu

YOGYAKARTA – Sindikat penipuan penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) kembali menelan korban. Dari dua kelompok korban di wilayah Kota Magelang dan Boyolali, Jateng, sindikat yang mengaku memiliki jaringan di Ditjen Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) berhasil mengeruk Rp 3,4 miliar dari para korban.

Aksi penipuan di wilayah Kota Magelang dan sekitarnya, Jumat (27/9) dilaporkan korban, Er­naning­rum (bukan nama sebenarnya) kepada kantor Ombudsman RI Per­wakilan DIY/Jateng Selatan. Selain dirinya yang sarjana strata satu ekonomi, ibu dan suaminya juga menjadi korban oleh aksi  Anom Jatmiko (40).

Sedangkan aksi penipuan di Kota Boyolali dan sekitarnya diadukan Anjani (bukan nama sebenarnya) ke kantor yang sama pada Selasa (24/9). Warga Sawit, Boyolali yang baru lulus dari PTN di Solo itu mengadukan Wi­narno, yang mengaku mampu melo­loskan ke Ditjen Pajak lewat seleksi jalur khusus.

Kesamaan Modus

Dari perbuatannya oknum guru sebuah SD swasta di Cepogo, Boyo­lali itu bersama sindikatnya meraup uang sekitar Rp 750 juta. Sedangkan dari korban di wilayah Kota Magelang dan sekitarnya sindikasi itu merengguk uang tunai Rp 2.664.000.000.

Menurut Pelaksana Tugas Kepala Ombudsman RI Per­wakilan DIY/Ja­teng Selatan, Budhi Masturi SH MH, terdapat kesamaan modus operandi yang dilakukan an­tara sindikasi yang beraksi di Boyolali dan Magelang.

Kelompok penipu itu menyasar warga yang mencari jalan pintas untuk jadi CPNS di Dirjen Pajak Kemenkeu dengan menyetor sejumlah uang ber­variasi sejak puluhan juta sampai lebih dari dua ratus juta rupiah perorang. An­tara kelompok pelaku Anom Jat­mi­­ko alias Aan dan Winarno sama-sa­ma mengaku panitia penjaringan dari CV CS di Serang, Kabupaten Banten.

Dalam aksinya sindikasi mendatangi masyarakat dengan mengenalkan diri sebagai orang yang akan membantu masyarakat untuk diterima jadi PNS di Kemenkeu. (P58-45,88)

Sumber : http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2013/09/30/238444/Penipuan-CPNS-Raup-Rp-34-Miliar

5 Oktober 2013 - Posted by | BOYOLALI, MAGELANG

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: