KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Pengusutan Dana Hibah Sam Poo Kong, Kejati dan Polda Koordinasi


KABAR SEMARANG.COM – Selasa, 02 Juli 2013

Semarang – Kejaksaan Tinggi Jateng berencana akan melakukan mengusut masalah dugaan penyimpangan dana hibah APBD Pemprov Jateng untuk rumah ibadah Sam Poo Kong.

Kasi Penkum Kejati Jateng mengatakan, pihaknya saat ini masih berkoordinasi dengan pihak Polda Jateng, dan menurut rencana akan mengklarifisikasi ke Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Jateng mengenai dana hibah Rp 1,6 miliar untuk Yayasan Sam Poo Kong.

Dia katakan, meskipun telah ada Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas keuangan Pemprov Jateng dalam hal penyaluran dana hibah, hal itu tidak lantas bisa dimulai langsung ke penyidikan perkara. Sekuruhnya harus dimulai dengan melakukan penyelidikan. “Jika ada indikasi kuat ke arah pidana, baru bisa ke penyidikan,” jelas dia.

Kordinasi dengan pihak Polda tersebut dilakukan untuk menyamakan persepsi, memang kasus dugaan korupsi itu belum dilakukan penyelidikan oleh pihak Polda Jateng. Tujuannya jangan sampai nanti ada duplikasi penyelidikan.

LHP BPK menyatakan sekitar Rp 1,6 miliar dari dana hibah senilai Rp 10 miliar yang diberikan kepada Yayasan Sam Poo Kong tidak bisa dipertanggungjawabkan.

Hal itu dibuktikan dengan adanya laporan dari yayasan, dana hibah seluruhnya telah selesai dipergunakan sesuai peruntukkannya. Yayasan dalam penggunaan dana hibah ini diduga telah melakukan manipulasi laporan.

Dana Rp10 miliar cari dalam tiga tahap. Pertama cair Rp 4 miliar, kedua Rp 3 miliar, dan tahap ketiga Rp 3 miliar. Dana tersebut antara lain dipergunakan untuk pemugaran Klenteng Sam Poo Kong dan beberapa pekerjaan lainnya.

Beberapa pekerjaan yang belum dilakukan antara lain pembangunan gedung gapura timur sekitar Rp 646 juta dan pengecatan Klenteng Sam Poo Kong senilai Rp 734,207 juta. Selain malah Pembangunan pendapa Rp 235,87 juta baru dilaksanakan BPK melakukan pemeriksaan dana hibah. (Bus,KS)

Sumber : http://www.kabarsemarang.com/pengusutan-dana-hibah-sam-poo-kong-kejati-dan-polda-koordinasi

9 Juli 2013 - Posted by | SEMARANG, SEPUTAR JAWA TENGAH - PROV. JATENG

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: