KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

KEPALA DAERAH/MANTAN KEPALA DAERAH DI JAWA TENGAH YANG BERMASALAH DENGAN KASUS KORUPSI TAHUN 2013


RILLIS KP2KKN JAWA TENGAH

KEPALA DAERAH/MANTAN KEPALA DAERAH DI JAWA TENGAH

YANG BERMASALAH DENGAN KASUS KORUPSI DI TAHUN 2013

                                                                                    

Kepala Daerah Aktif :

  1. Bupati Rembang (aktif) M Salim status tersangka dalam kasus dugaan korupsi Penyimpangan Penyertaan Modal PT RBSJ (Rembang Bangkit Sejahtera Jaya) dari APBD TA 2006 dan 2007 senilai Rp.4,1M. Penyidik Polda Jateng.
  2. Bupati Karanganyar (aktif) Rina Iriani diduga terlibat dalam kasus dugaan korupsi pembangunan Perumahan Griya Lawu Asri (GLA) senilai Rp.21,9M.  Status tersangka berdasarkan laporan hasil ekspose penyidikan perkara tindak pidana korupsi di Kejagung, tanggal 13 Oktober 2010. Penyidik Kejati Jawa Tengah.
  3. Walikota Semarang (non aktif) Soemarmo HS terlibat dalam kasus suap APBD 2012 Kota Semarang senilai Rp.344Jt. Status terpidana. Mahkamah Agung dalam putusan kasasinya memvonis Walikota Kota Semarang (non aktif) 3 tahun penjara.
  4. Wakil Bupati Temanggung (aktif) Budiarto diduga terlibat dalam kasus dugaan korupsi penyimpangan proyek Pembangunan Pasar Kliwon Temanggung tahun 2002-2003 senilai Rp.2,5M. Status tersangka berdasarkan laporan hasil ekspose penyidikan perkara tindak pidana korupsi di Kejagung, tanggal 13 Oktober 2010. Penyidik Kejati Jawa Tengah.
  5. Bupati Pati (aktif) Haryanto diduga terlibat dalam kasus dugaan korupsi tukar guling tanah kas desa di Desa Kebon Sawahan, Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati senilai Rp.1M. Status tersangka. Penyidik Polda Jawa Tengah.
  6. Bupati Sragen (aktif) Agus Fatturachman diduga terlibat dalam kasus dugaan korupsi dana kas daerah Sragen TA 2003 – 2010 senilai Rp.1,1M. Penyidik Kejati Jawa Tengah.

Mantan Kepala Daerah :

  1. Mantan Bupati Boyolali Djaka Srijanta status tersangka dalam kasus dugaan korupsi pengadaan Buku Paket BP (Balai Pustaka) APBD Perubahan TA 2003 dan APBD TA 2004 dengan jumlah kerugian keuangan negara senilai Rp.8,7M. Kasus ini belum disidangkan di Pengadilan Tipikor Semarang. Penyidik Polres Boyolali.
  2. Mantan Walikota Surakarta Slamet Suryanto status tersangka dalam kasus dugaan korupsi pengadaan Buku Ajar terbitan BP Kota Solo TA 2003 senilai Rp.3,7M. Kasus dugaan korupsi pengadaan Buku Ajar ini belum disidangkan di Pengadilan Tipikor Semarang. Penyidik Polresta Surakarta dahulu Polwil Surakarta.
  3. Mantan Bupati Temanggung Totok Ary Prabowo status tersangka dalam kasus dugaan korupsi Dana Pendidikan Putra Putri Anggota DPRD Temanggung senilai Rp.1,8M (sekarang dinyatakan buronan). Kasus dana pendidikan yang melibatkan Totok AP belum disidangkan di Pengadilan Tipikor Semarang. Dan saat ini Totok AP adalah buronan/DPO pihak Kejari Temanggung.
  4. Mantan Bupati Rembang Hendarsono status terpidana dalam kasus dana kas daerah senilai Rp.6,8M yang berasal dari Dana Tak Tersangka (DTT) APBD TA 2004. Mahkamah Agung dalam putusan kasasinya memvonis Hendarsono 4 tahun penjara.
  5. Mantan Bupati Cilacap Probo Yulastoro terlibat dalam 2 (dua) kasus korupsi, yaitu : Berstatus tersangka dalam kasus dugaan korupsi Simpedes (Sistem Informasi Pemerintahan Desa) senilai Rp.6,8M. Untuk Kasus Simpedes, Probo Yulastoro belum disidangkan di Pengadilan Tipikor. Penyidik Polda Jateng dahulu Polwil Banyumas. Probo Yulastoro juga dinyatakan berstatus tersangka dalam kasus dugaan korupsi pembangunan Pasar Sampang TA 2008 senilai Rp.7,5M, yang saat ini kasus korupsi pembangunan Pasar Sampang ini belum disidangkan di Pengadilan Tipikor Semarang. Penyidik Kejari Cilacap.
  6. Mantan Walikota Salatiga John Manoppo terlibat dalam 2 (dua) kasus korupsi, yaitu : kasus dugaan korupsi/penyalahgunaan dana Perusahaan Daerah Aneka Usaha (PDAU) TA 2007 – 2010 senilai Rp.220Jt. Dalam kasus ini John Manoppo berstatus tersangka dan kasus dugaan korupsi ini belum disidangkan di Pengadilan Tipikor Semarang. Penyidik Polres Salatiga. Mantan Walikota Salatiga John Manoppo juga berstatus terpidana dalam kasus korupsi Jalan Lingkar Selatan (JLS) senilai Rp.12,2M. Pengadilan Tipikor Semarang memvonis 3,5 tahun terhadap John Manoppo.
  7. Mantan Walikota Magelang Fahriyanto berstatus terpidana karena terlibat dalam 3 (tiga) kasus korupsi, yaitu : Kasus korupsi dana asuransi jiwa anggota DPRD Kota Magelang periode 1999 – 2004 senilai Rp.1,57M, untuk kasus ini Pengadilan Tipikor Semarang memvonis 16 bulan penjara kepada Fahriyanto. Untuk 2 (dua) kasus korupsi lainnya Pengadilan Tipikor Semarang memvonis 1,5 tahun dalam kasus korupsi dana pengadaan buku ajar sekolah tingkat SD, SMP dan SMA senilai Rp.2M dan kasus korupsi penyelewengan APBD Magelang dari pos Dana Tidak Tersangka (DTT) senilai Rp.470Jt.
  8. Mantan Bupati Demak Endang Setyaningdyah, berstatus terpidana dalam kasus korupsi dana bantuan desa yang merugikan keuangan negara sebesar Rp.2,148M, yang divonis satu tahun penjara oleh Mahkamah Agung RI pada bulan Februari 2013. Saat ini mantan Bupati Demak tersebut dinyatakan buron (DPO) oleh Kejari Demak.
  9. Mantan Bupati Kendal Siti Nurmarkesi, status tersangka dalam kasus dugaan korupsi dana bantuan sosial tahun 2010 yang merugikan keuangan negara sebesar Rp.1,3M, yang diperuntukan untuk kegiatan keagamaan, rehab masjid dan mushola, serta pendidikan pendidikan berbasis keagamaan yang dinilai fiktif dan tidak sesuai prosedur. Penyidik Kejari Kendal.

Database KP2KKN Jawa Tengah – Juli 2013

9 Juli 2013 - Posted by | PUBLIKASI KP2KKN, RILIS MEDIA

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: