KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

JAWABAN KEJATI ATAS AUDIENSI DENGAN KP2KKN 26 JUNI 2013


JAWABAN KEJATI ATAS AUDIENSI DENGAN KP2KKN 26 JUNI 2013

   KORUPSI KEPALA DAERAH  

 

1 Kasus dugaan korupsi proyek pembangunan perumahan bersubsidi Griya Lawu Asri (GLA) senilai Rp.15M yang diduga melibatkan Bupati Karanganyar Rina Iriani – (Kejati).Jawaban Kejati :

Kasus Rina tidak akan di SP3-kan, saat ini masih dalam proses pengumpulan data. Kejati perlu melakukan ekspose kembali di Kejagung untuk mendalami kasus tersebut, walaupun Kejati sudah melakukan ekspose di Gedung Bundar (Kejagung).

2 Kasus dugaan korupsi penyimpangan Proyek Pembangunan Pasar Kliwon Temanggung Tahun 2002 – 2003 senilai Rp.2,5M yang diduga melibatkan Wakil Bupati Temanggung Budiarto – (Kejati).Jawaban Kejati :

Memang dalam surat dakwaan tim Kejari Temanggung dalam kasus ini yang sudah disidangkan di PN Temanggung menyebut-nyebut keterlibatan dari Wakil Bupati Temanggung tersebut. Saat ini kasus tersebut masih dalam supervisi dari Kejati dan saat ini kasus tersebut masih dalam kajian, dengan menggali data.

3 Kasus dugaan korupsi pinjaman dana kas daerah APBD Kab  Sragen 2003-2010 yang menyebabkan kerugian keuangan negara Rp11,2M. Diduga melibatkan Bupati aktif Agus Faturrahman (Kejati).Jawaban Kejati :

Kejati masih menunggu hasil proses persidangan tentang keterlibatan Bupati Sragen dalam kasus tersebut, dimana saat ini PN Tipikor Semarang lagi menyidangkan 2 orang tersangka dalam kasus tersebut.

   KORUPSI APBD

 

4 Kasus dugaan korupsi Dana Tali Asih DPRD TA 2004 untuk tersangka Soefi Hartoyo dkk. Kab. Wonogiri senilai Rp.1,8M – (Kejari Wonogiri).Jawaban Kejati :

Kasus tersebut sudah di SP3, dengan argumen/alasan kerugian keuangan negara telah di kembalikan dan sebagian tersangkanya sudah meninggal dunia.

5 Kasus dugaan korupsi APBD 2004 Kab. Kebumen pada pos tunjangan dewan senilai Rp.1,3M yang diduga melibatkan tiga pimpinan DPRD Kebumen periode 1999 – 2004, yaitu tersangka Budi Utomo (ketua) serta wakil ketua Yusuf Cahyono dan Cholily Ibhar. – (Kejati).Jawaban Kejati :

Kasus tersebut sudah di SP3 oleh Kejati pada tahun 2012, dengan argumen/alasan kerugian keuangan negara telah di kembalikan sebelum proses penyidikan dan sebagian tersangkanya sudah meninggal dunia. Disamping itu dengan mengacu pada PP 10, dan petunjuk dari Kejaksaan Agung dengan pertimbangan keuangan negara sudah dikembalikan.

6 Kasus dugaan korupsi APBD 2004 Kab. Semarang senilai Rp.2,897M yang diduga melibatkan 2 pimpinan DPRD periode 1999 – 2004, yaitu tersangka Zainal Arifin dan Soma Irianto (kedua-duanya Wakil Ketua DPRD Kab. Semarang) – (Kejati).Jawaban Kejati :

Kejari Ambarawa akan di supervisi oleh Kejati untuk ditanyakan perkembangan kasus ini 

   KORUPSI BUKU AJAR

 

7 Kasus dugaan korupsi pengadaan Buku Ajar Paket BP (Balai Pustaka) untuk buku ajar SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA TA 2004/2005 Kab. Wonosobo senilai Rp.7,3M, untuk tersangka Idham Cholied dkk. – (Kejari Wonosobo).Jawaban Kejati :

Kasus Buku Ajar Kab. Wonosobo. Kejati akan menanyakan terhadap Kejari terkait masih lambatnya penanganan kasus tersebut. Namun kasus tersebut masih bergulir. Dalam hal ini Kejati akan digelar perkara bersama Kejari.

Kasus dugaan korupsi pengadaan Buku Ajar Paket BP (Balai Pustaka) untuk buku ajar SD/MI pada Dinas Pendidikan Kab. Pemalang senilai Rp.11,302M, khusus untuk tersangka Agus Sukisno dan  Yohanes Soenaryo yang sampai saat ini belum disidangkan di pengadilan tipikor – (Kejari Pemalang) ; serta dugaan keterlibatan HM Machroes – mantan Bupati Pemalang dalam kasus buku ajar tersebut yang ditangani oleh pihak Kejati Jawa Tengah.Jawaban Kejati :

Kasus Buku Ajar Kab. Pemalang. Kejati akan menanyakan terhadap Kejari terkait permasalahan kasus tersebut. Kejati akan memanggil Kejari sana untuk melakukan gelar perkara di Kejati dan akan melakukan supervisi dalam kasus ini.

 KORUPSI BANSOS

 

9 Kasus dugaan korupsi Bansos Pemprov Jateng TA 2008 senilai Rp.95Jt yang diduga melibatkan tersangka Johan Firdaus (mantan anggota DPRD Jateng) – (Kejari Slawi).Jawaban Kejati :

Kasus tersebut sudah di SP3 (Kejati akan di cek kembali dalam kasus tersebut)

10 Kasus dugaan korupsi dana Bansos Pemprov Jateng TA 2008 senilai Rp. 252Jt untuk desa tertinggal di Kabupaten Kebumen yang diduga melibatkan tersangka Taraf Kurniawan (mantan Anggota DPRD Prov Jateng periode 2004 -2009) – (Kejari Kebumen).Jawaban Kejati :

Kasus ini sudah ada hasil audit BPKP dan tidak lama lagi kasus ini akan dilimpahkan ke PN Tipikor Semarang.

11  Kasus dugaan korupsi dan Bansos Pemprov Jateng TA 2011 senilai Rp.26M yang hingga saat ini belum juga ditetapkan siapa tersangkanya dalam kasus dugaan korupsi tersebut – (Kejati).Jawaban Kejati :

Kasus tersebut masuk penyidikan tahun 2012, Pihak kejaksaan dengan tim masih menghimpun beberapa bukti dengan di Kejari beberapa daerah

 KORUPSI PENGADAAN BARANG DAN JASA dan kasus lainnya

 

12 Kasus dugaan korupsi “Mark Up” pengadaan tanah Pengadilan Agama Blora senilai Rp.1,3M yang bersumber dari dana DIPA APBN TA 2009 2010, yang diduga melibatkan tersangka mantan Hakim PA Blora (panitia pengadaan tanah) – (Kejari Blora)Jawaban Kejati :

Kejati masih menunggu ijin dari Mahkamah Agung untuk memeriksa Hakim Pengadilan Agama Blora.

13 Dugaan kasus korupsi take over (pengambilaihan) pembangunan Pasar Sampang yang merugikan negara Rp 7.5 milyar. Dengan tersangka mantan Bupati Cilacap Probo Yulastoro dan bersama dua tersangka lain yaitu mantan Sekda dan mantan Kepala Dipenda berinisial F dan S – (Kejari Cilacap).Jawaban Kejati :

Kejati menunggu hasil audit dari tim audit teknis dari Polines yang bekerjasama dengan persetujuan BPKP.

14 Dugaan korupsi proyek pengadaan aplikasi Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) online di Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Kota Semarang yang bersumber dari APBD Kota Semarang TA 2011 senilai Rp.3,1M, yang diduga melibatkan tersangka Lilik Purno Putranto (mantan Kepala Bidang Pajak DPKAD Semarang) dan VW (Direktur Utama PT AIS – Jakarta) – (Kejati).Jawaban Kejati :

Masih menunggu hasil audit dari BPK Jawa Tengah dalam menghitung kerugian keuangan negara, Berkas sudah selesai tinggal di sidangkan di PN Tipikor Semarang dan sudah menetapkan tersangka dalam kasus tersebut.

15 Dugaan korupsi/ kasus Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) tahun 2009 senilai Rp.5,6M – Kejari Karanganyar, Jawaban Kejati :

Akan dilakukan gelar perkara oleh Kejati dan melakukan supervisi terhadap Kejari Karang Anyar dalam penanganan kasus korupsi ini.

16 Dugaan korupsi proyek pengadaan alat peraga pendidikan (buku Mulok) yang dibiayai dari Dana Alokasi Khusus (DAK 2010) Kejati dan bereapa Kejari didaerah : Jawaban Kejati :

Rembang, Purbalingga, Banjarnegara (sudah disidangkan di PN Tipikor Semarang), untuk yang di Batang, Brebes, Blora, Demak, Mungkid, Kebumen (Kejati telah menetapkan para PPK dan para penjedia barang dimasing-masing kabupaten tersebut sebagai tersangka dalam kasus DAK 2010 tersebut). Sedangkan untuk yang di Kab. Temanggung dan Kab. Pekalongan pihak Kejati akan melakukan supervisi terhadap kinerja kejari yang dimaksud.

17  Dugaan korupsi pengelolaan dana Perusda – PT Rembang Bangkit Sejahtera Jaya (Holding Company) atau lebih dikenal dengan nama kasus pengelolaan dana agrobisnis PT RSBJ untuk pengadaan lahan tebuJawaban Kejati :

Kejati sudah menetapkan Siswadi dan Imam Sudjono sebagai tersangka dalam kasus ini dan sudah melakukan penyitaan dan akan terus melakukan penyitaan atas aset-aset PT RBSJ dan aliran dana terkait kasus tersebut. Pada kasus ini Kejati akan lebih memperhatikan mulai dari penyertaan modal dan akan membidik aktor intelektualnya. Kejati menegaskan kepada KP2KKN dalam kasus ini pihaknya akan menyandingkan UU Tipikor dengan UU TPPU dalam mengembalikan kerugian keuangan negara yang sangat besar pada kasus RSBJ tersebut

 

Database KP2KKN Jawa Tengah 26 Juni 2013 – Kasus korupsi yang mangkrak penanganannya di Kejaksaan

27 Juni 2013 - Posted by | PUBLIKASI KP2KKN, RILIS MEDIA

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: