KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Setelah Probo, Kasus Machroes Didalami


SUARA MERDEKA – Rabu, 27 Mei 2009

SEMARANG- Penyidikan terhadap kasus korupsi yang diduga dilakukan Bupati Pemalang HM Machroes, kaitannya dugaan penyimpangan pengadaan buku ajar 2004-2005, baru akan didalami setelah penyidikan perkara korupsi yang diduga dilakukan Bupati Cilacap Probo Yulastoro tuntas.
Kepala Kejaksaan Tinggi Jateng Winerdy Darwis kembali menegaskan hal itu, di kantornya, kemarin.

Menurutnya, tim penyidik yang dikepalai Kasi Penyidikan Gatot Guno Sembodo SH saat ini tengah fokus mengerjakan perkara dugaan korupsi Bupati Probo. ”Prioritaslah ya. Setelah (kasus Probo) ini tuntas dulu. Izin pemeriksaan kepala daerah lainnya kan belum turun (dari presiden), jadi setelah (kasus Probo) ini baru melangkah ke sana (perkara Machroes),” kata dia.

Dalam kasus buku itu, Kejaksaan Tinggi cuma mengambil alih pengusutan terhadap Bupati Machroes saja. Mengenai pengusutan tersangka lain, perkaranya tetap ditangani Kejaksaan Negeri Pemalang. Pengadilan Negeri Pemalang telah menyatakan salah satu terdakwa, Bambang Sukojo (mantan Kadinas Pendidikan), dinyatakan terbukti bersalah dan dijatuhi hukuman dua tahun penjara.

Belum Tersangka

Kajati mengatakan, status Machroes saat ini belum resmi tersangka. Pihaknya telah menerima pelimpahan materi perkara buku ajar dari Kejari Pemalang, termasuk risalah sidang perkara Bambang Sukojo. ”Tetapi penyidik belum dapat fokus menangani. Baru akan dapat fokus, jika perkara Bupati Cilacap ini dituntaskan dulu,” ucap Winerdy.

Koordinator KP2KKN Jateng Jabir Alfaruqi menyatakan, sudah sepantasnya Kejati mengambil alih kasus itu dan mendesak supaya status Machroes dinaikkan ke penyidikan. ”Kami harap Kejati tidak lagi mundur-mundur untuk fokus menangani kasus Bupati Pemalang,” kata dia.

Kejaksaan Tinggi pula, lanjut dia, sudah seharusnya mengajukan izin pemeriksaan terhadap Machroes ke presiden. Jabir berujar, jika memang Machroes sudah dipastikan akan disidik, mestinya Kejati sudah mengantisipasi secara dini dengan mengajukan izin pemeriksaan. Sebab, mengingat pengalaman yang ada, izin pemeriksaan terhadap kepala daerah itu bisa lama sekali turunnya. (H30-76)

Sumber : http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2009/05/27/65304/Setelah-Probo-Kasus-Machroes-Didalami

5 Juni 2013 - Posted by | PEMALANG

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: