KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Warga Tolak Ganti Rugi Lahan untuk Jalan Tol Semarang-Solo


SUARA MERDEKA.com – Rabu, 29 Mei 2013

SEMARANG, suaramerdeka.com – Belasan warga dukuh Klepu dan Lemah abang, Desa Brajan, Kecamatan Mojosongo, Boyolali menolak ganti rugi atas lahan yang digunakan untuk Jalan Tol Semarang-Solo. Perwakilan warga wadul ke Komisi D DPRD Jateng, Rabu (29/5) untuk mendesak Panita Pembebasan Tanah (P2T) membuka harga taksiran lahan dari tim appraisal.

Koordinator warga, Slamet mengatakan, warga keberatan menyerahkan lahannya karena nilai ganti rugi terlalu kecil dan tidak ada transparansi dalam proses pembebasan lahan. Warga menginginkan Rp 400 ribu per meter sedangkan P2T hanya memberikan Rp 145-175 ribu.

“Warga tidak pernah dilibatkan dalam proses penentuan nilai ganti rugi. Harganya ditentukan P2T sepihak,” katanya, di Gedung Berlian, Rabu (29/5) siang.

Slamet mengaku tanah orang tuanya juga terkena proyek tol itu. Bersama warga lain, dirinya sudah mengusahakan mediasi, namun tim P2T Boyolali tidak mempedulikan.

Menurutnya, penolakan warga bukan karena tidak pro pembangunan. Tapi memikirkan nasib keluarga ke depan, karena lahan yang dijual adalah sumber mata pencaharian. “Jika ganti untung tidak sesuai, mereka akan hidup dari mana, mata pencahariannya sudah hilang,” imbuhnya.

Ironisnya, warga yang menolak malah diintimidasi. Mulai ancaman langsung secara verbal ataupun lewat SMS. Tim P2T sering mengancam akan membawa kasus penolakan itu ke jalur hukum.

“Kami hanya ingin transparasi dan harga sesuai, itu saja. Mestinya harga dari tim appraisal dibuka, jangan diumpetin ,” tambah seorang pemilik lahan, Ismoyo.

( Anton Sudibyo / CN31 / SMNetwork )

Sumber : http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news_smg/2013/05/29/158856/Warga-Tolak-Ganti-Rugi-Lahan-untuk-Jalan-Tol-Semarang-Solo

29 Mei 2013 - Posted by | BOYOLALI

Belum ada komentar.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

Bergabunglah dengan 63 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: