KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Susahnya Mendorong Trasparansi Partai Politik


Press Release

“Susahnya Mendorong Trasparansi Pada Partai Politik”

Partai politik sebagai representatif dari undang-undang merupakan lembaga yang seharusnya menerapkan amanat undang-undang. Undang-Undang No.14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) merupakan salah satu produk yang dibuat oleh DPR yang merupakan kepanjangan tangan dari partai politik, namun apa yang terjadi tidaklah seperti yang diharapkan. Partai politik terkesan setengah hati dalam menjalankan amanat dari undang-undang ini.

Hal ini dibuktikan oleh KP2KKN melalui uji informasi yang dilakukan pada 9 parpol di Provinsi Jawa Tengah. KP2KKN mencoba mengakses informasi laporan keuangan (neraca, arus kas, realisasi anggaran) & program kerja partai politik tahun 2010 & 2011. Dari proses permohonan informasi hingga  sidang mediasi hanya beberapa parpol yang merespon dengan baik dan mau memberikan informasi yang sebenarnya menjadi hak publik seperti yang tertuang pada UU No. 14 tahun 2008 dan pasal 39 ayat 3 UU No. 2 tahun 2011 tentang Partai Politik.

Tingkat kepatuhan terhadap UU No.14 tahun 2008

Partai Politik

Ranking

Kepatuhan

DPD Partai Golkar

1

Baik

DPW PKS

2

Baik

DPD Gerindra

3

Cukup

DPD PAN

4

Cukup

DPD P Demokrat

5

Cukup

DPD PDIP

6

Kurang

DPD PKB

7

Kurang

DPW PPP

8

Kurang

DPD Partai Hanura

9

Sangat kurang

Tabel kepatuhan diatas penilaiannya diambil sejak permohonan informasi dilayangkan hingga pada proses mediasi yang dilaksanakan di Komisi Informasi Jawa Tengah. Penilaian ini didasari pada bagaimana partai politik merespon permohonan informasi hingga kepatuhan partai politik dalam melaksanakan hasil kesepakatan damai pada proses mediasi.

Dari tabel diatas dapat dilihat bagaimana respon dari partai politik dalam menerapkan keterbukaan informasi terhadap publik. Dengan adanya ini harapannya partai politik dapat memperbaiki diri dan nantinya partai politik di Indonesia lebih transparan sehingga “image” yang selama ini menganggap parpol tidak terbuka terhadap publik dapat diperbaiki.

Semarang, 19 September 2012

KP2KKN Jawa Tengah

Ronny Maryanto (Sekertaris KP2KKN Jateng)

20 September 2012 - Posted by | RILIS MEDIA

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: