KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Siapa Para Aktor Dibalik Kasus Rekayasa Ruislag Tanah Nyatnyono?


Rilis Media
 
 

Mencermati kinerja Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Tengah dalam penyidikan kasus dugaan korupsi rekayasa ruislag/tukar guling tanah Binamarga Pemrov Jateng di desa Nyatnyono, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang dimana pihak Kejati sebagai penyidiknya telah menetapkan 6 (enam) tersangka, yaitu : Karyono (swasta), Wimbo Cahyono (mantan Kabid Pengukuran Tanah Kanwil BPN Yogyakarta), Yudi Riarso (Kabid Pengukuran Tanah Kanwil BPN DKI Jakarta) ketiga-tiganya telah ditahan oleh Kejati pada tanggal 4 September 2012. Sedangkan 4 (empat) tersangka lainnya belum ditahan oleh pihak Kejati yakni : Endang Sri Handayani (Komisaris I PT Handayani), Priyantono Djarot Nugroho (mantan Staf Ahli Gubernur Jateng) dan Rustamadji. KP2KKN melihat Kejati selaku penyidik dalam kasus ini belum menyentuh siapa aktor intelektual yang sebenarnya dalam kasus dugaan korupsi ini.

 
Bahwa berdasarkan dokumen dan data serta analisa atas dokumen-dokumen yang dimiliki oleh KP2KKN terkait dugaan korupsi tersebut, kami menduga masih banyak pihak-pihak lain atau aktor-aktor lain yang patut diduga terlibat dalam kasus dugaan korupsi ini, yaitu :
 
  1. Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Tengah selaku pihak yang mengeluarkan Keputusan No.12 Tahun 2007 tentang Persetujuan Tukar Menukar Tanah Hak Pakai Nomor 5 di Desa Nyatnyono Milik/Dikuasai Pemerintah Provinsi Jawa Tengah Kepada PT. Handayani Membangun yang ditetapkan di Semarang pada tanggal 27 Februari 2007.
  2. Gubernur Jawa Tengah selaku pihak yang mengeluarkan Keputusan Gubernur Jawa Tengah Nomor : 031/27/2007 tentang Pelepasan  Tanah Milik/Dibawah Penguasaan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah Yang Dikelola Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Tengah Terletak di Desa Nyatnyono Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang Kepada PT Handayani Membangun Dengan Cara Tukar Guling yang ditetapkan di Semarang pada tanggal 22 Mei 2007.
  3. Notaris selaku pihak yang membuat Akta Pelepasan Hak Nomor : 67 yang dibuat pada hari Selasa tanggal 29 Mei 2007, serta para pihak yang terkait yang mendatangani dalam akta pelepasan tersebut, baik yang mewakili PT Handayani Membangun maupun yang mewakili Gubernur Jawa Tengah.
  4. Bupati Semarang selaku pihak yang mengeluarkan Persetujuan Ijin Lokasi yang diberikan kepada PT Handayani, yang kemudian diperbaharui dengan Persetujuan Pembaharuan Ijin Lokasi yang diberikan Kepada PT Handayani Membangun di Desa Nyatnyono Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang lewat surat No : 648/03679/2007 yang dikeluarkan di Ungaran pada tanggal 22 Agustus 2007.
  5. BPN Kantor Wilayah Propinsi Jawa Tengah selaku pihak yang mengeluarkan Keputusan Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Jawa Tengah Nomor : SK.130-550.2-33-2007 tentang Pemberian Hak Guna Bangunan atas nama PT. Handayani Membangun Berkedudukan di Kota Semarang Atas Sebidang Tanah di Kabupaten Semarang, yang ditetapkan di Semarang pada tanggal 20 September 2007.
 
Untuk itu KP2KKN mendesak dan meminta :
 
  • Kepada Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Tengah harus bergerak cepat dalam proses penyidikan kasus dugaan korupsi ini, dengan jalan memeriksa para pihak/aktor-aktor yang KP2KKN sebutkan diatas agar jangan sampai timbul kesan dimasyarakat bahwa penyidikan kasus dugaan korupsi ini oleh pihak Kejati hanya bersifat tebang pilih belaka dan tidak berani mengungkapkan kepada publik Jawa Tengah siapa sebenarnya para pihak yang terlibat dalam kasus dugaan korupsi tersebut.
  • Kepada KPK agar melakukan supervisi dan koordinasi dengan pihak Kejati Jawa Tengah terkait penanganan kasus dugaan korupsi tersebut sebagaimana tugas dan wewenang KPK dalam pasal 6 UU No.30 Tahun 2002.
 
Demikian rilis KP2KKN Jawa Tengah
 
Semarang, 10 September 2012
 
 
Salam AntiKorupsi

11 September 2012 - Posted by | RILIS MEDIA

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: