KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Nazaruddin: Andi Mallarangeng Terima Uang Hambalang


KOMPAS.com – Rabu, 23 Mei 2012
KOMPAS/LUCKY PRANSISKA
Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng (kiri) berjabatan tangan dengan terdakwa Muhammad Nazaruddin usai memberi kesaksian di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Rabu (22/2/2012).

JAKARTA, KOMPAS.com – Mantan Bendahara Umum Partai Demokrat, Muhammad Nazaruddin kembali menuding Menteri Pemuda dan Olahraga, Andi Mallarangeng menerima uang dari PT Adhi Karya terkait proyek Hambalang.

Menurut Nazaruddin, uang yang diterima Andi nilainya mencapai Rp 20 miliar dan diberikan melalui adiknya, Choel Mallarangeng.

“Kalau soal proyek Hambalang memang uang yang diserahkan untuk jatahnya Menpora, yang terima Choel Mallarangeng. Memang Andi memerintahkan supaya uangnya diterima oleh Choel,” kata Nazaruddin di gedung Komisi Pemberantasan Korupsi Jakarta, Rabu (23/5/2012) seusai menjalani pemeriksaan sebagai saksi bagi Angelina Sondakh, tersangka kasus dugaan suap pengangaran proyek Kementerian Pemuda dan Olahraga dan Kementerian Pendidikan Nasional.

Nazaruddin menyampaikan, uang senilai total Rp 100 miliar yang digelontorkan PT Adhi Karya telah disalurkan ke sejumlah orang selain Andi, termasuk Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Anas Urbaningrum.

Nazaruddin yang dihukum empat tahun 10 bulan penjara dalam kasus suap wisma atlet SEA Games itu juga mengatakan, KPK sudah seharusnya memeriksa Andi terkait penyelidikan proyek Hambalang.

Selaku Menpora, kata Nazaruddin, Andi bertanggung jawab atas proyek Hambalang yang menjadi garapan kementeriannya itu.

“Jadi KPK aturannya lebih mendalami siapa yang bertanggung jawab sebenarnya di Menpora itu, pasti kan menterinya. Kalau yang lainnya dijadikan tersangka, aturannya yang duluan (tersangka) itu menterinya, karena menterinya yang terima uang,” ucapnya.

KPK berencana memeriksa Andi terkait penyelidikan proyek Hambalang, besok. KPK tengah mengusut indikasi dugaan korupsi terkait sengketa lahan Hambalang dan pengerjaan proyek senilai Rp 1,52 triliun tersebut.

Dalam persidangan kasus suap wisma atlet SEA Games yang berlangsung di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, beberapa waktu lalu, Ketua Komisi X DPR, Mahyuddin mengatakan kalau Nazaruddin pernah melapor ke Andi soal sertifikat lahan Hambalang yang selesai diurus.

Hal itu disampaikan Nazaruddin ke Andi dalam pertemuan yang berlangsung di kantor Andi, Januari 2010 lalu. Pertemuan itu juga diikuti Mahyuddin dan Angelina Sondakh. Menurut Mahyuddin, Andi merespon laporan Nazaruddin tersebut dengan mengucapkan “terima kasih”.

Sumber : http://nasional.kompas.com/read/2012/05/23/21384295/Nazaruddin.Andi.Mallarangeng.Terima.Uang.Hambalang

Iklan

23 Mei 2012 - Posted by | BERITA KORUPSI NASIONAL

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: