KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

MK Didesak Batalkan RSBI


SUARA MERDEKA.com – Rabu, 23 Mei 2012

JAKARTA, suaramerdeka.com – Mahkamah Konstitusi harus memberikan putusan yang adil dengan pelarangan adanya Rintisan Sekolah Berstandar Internasional dan pembubaran sekolah tersebut yang telah ada. Permintaan ini disampaikan Pengacara Publik dari Lembaga Studi dan Advokasi Masyarakat (ELSAM) Wahyu Wagiman.

Dia merasa optimistis Mahkamah Konstitusi (MK) akan membatalkan pasal tentang Sekolah Bertaraf Internasional (SBI) yang termuat dalam Undang-undang Nomor 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas). Keberadaan SBI atau saat ini berbentuk RSBI, menurutnya, salah secara konsep.

“Kalau logika berpikir MK lurus, dalam arti memegang penuh konstitusi, permohonan ini seharusnya dikabulkan,” kata Wahyu yang merupakan pengacara untuk Koalisi Anti-Komersialisasi Pendidikan (KAKP) kepada SP di Jakarta, Rabu (23/5).

Sidang uji materi pasal 50 ayat 3 UU Sisdiknas sudah memasuki tahap akhir. Saat ini kedua pihak baik dari pemohon maupun pemerintah sedang menyusun kesimpulan untuk diserahkan kepada MK paling lambat tanggal 29 Mei 2012. Setelah itu, majelis hakim MK akan menyusun putusan.

Wahyu mengungkapkan masalah pokok RSBI adalah konsep pendidikan yang melanggar UUD 1945. Dia mencontohkan dari sisi rekrutmen siswa, RSBI sudah menciptakan diskriminasi atau kesenjangan antara siswa pintar dan bodoh serta kaya dan miskin. Siswa yang pintar dan mampu punya akses lebih besar untuk masuk RSBI.

Dari sisi penganggaran, RSBI mendapat keistimewaan karena menerima kucuran dana dari APBN, APBD, dan orangtua murid. “Ada tiga pembiayaan dalam satu sekolah sementara sekolah yang bukan RSBI tidak,” kata Wahyu.

( Budi Yuwono / CN33 / JBSM )
Sumber : http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2012/05/23/119198/MK-Didesak-Batalkan-RSBI

23 Mei 2012 - Posted by | BERITA KORUPSI NASIONAL

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: