KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

KORUPSI PROYEK INTAKE MAROS: Kejaksaan Temukan Kerugian Rp 2 Miliar



KORAN TEMPO – Kamis, 12 April 2012

MAKASSAR – Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan menyelidiki dugaan korupsi pembangunan intake dan jaringan air baku Jamala di Kabupaten Maros. Penyidik menduga volume proyek 2011 bernilai Rp 11 miliar itu tak sesuai dengan kontrak. Perubahan yang terjadi, misalnya, pada ukuran pipa, galian tanah, dan konstruksi bangunan penampungan air.

“Ada pelanggaran berupa pengurangan volume. Tim ahli yang membantu telah merampungkan laporan pemeriksaan,” kata Asisten Pidana Khusus, Chaerul Amir, kemarin. Proyek itu, kata dia, meliputi dua kegiatan, yakni pembangunan intake dan pemasangan instalasi pipa. “Potensi kerugian sekitar Rp 2 miliar. Yang pasti, kami telah meminta lembaga audit untuk menghitung kerugian ini.” Proyek ini dikerjakan oleh Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Je’neberang untuk memenuhi ketersediaan air bersih bagi warga Maros.

Ahli Politeknik Ujungpandang, Maal Latief, membenarkan kabar bahwa ada pengurangan volume dalam pekerjaan proyek itu. Menurut dia, dalam kontrak, instalasi pipa ditetapkan sepanjang 4.200 meter, tapi realisasinya hanya 4.100 meter. Maal mengatakan tak ada masalah dalam konstruksi bangunan, tapi hingga kini belum ada jaringan listrik yang terpasang.

Bekas Kepala Balai Adang S.A.F. Ahmad membenarkan penyelidikan kejaksaan. Menurut dia, proyek itu dikerjakan saat dirinya menjabat. “Tapi saya pastikan bahwa proyek telah dikerjakan sesuai dengan kontrak kerja,” kata dia. Menurut dia, perubahan yang terjadi cukup wajar. “Namun perubahan itu telah dituangkan dalam adendum atau perjanjian proyek. Dan itu tidak ada persoalan,” kata Adang, yang baru sepekan melepas jabatannya. ABDUL RAHMAN

Sumber : http://koran.tempo.co/konten/2012/04/12/270853/KORUPSI-PROYEK-INTAKE-MAROSKejaksaan-Temukan-Kerugian-Rp-2-Miliar

12 April 2012 - Posted by | BERITA KORUPSI NASIONAL

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: