KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Penyidikan Bambang Bintoro Tuntas


SUARA MERDEKA.com – Senin, 09 April 2012

SEMARANG, suaramerdeka.com – Penyidik Kejati Jateng telah menuntaskan penyidikan terhadap mantan Bupati Batang, Bambang Bintoro. Berkas dugaan korupsi dana purnabakti tahun 2004 itu telah dilimpahkan ke Kejari Batang untuk diteliti jaksa peneliti.

“Berkasnya sudah kami kirimkan ke Kejari Batang untuk diteliti. Jadi sudah masuk pra penuntutan,” ujar Asisten Pidana Khusus Kejati Jateng, Ali Mukartono, Senin (9/4).

Menurut Ali, Kejari Batang memiliki waktu 14 hari untuk menyatakan apakah berkas tersebut lengkap atau tidak. Jika berkas dinyatakan lengkap, maka akan dilimpahkan kepada Jaksa Penuntut Umum (JPU) untuk disusun dakwaan. Setelahnya, beraks akan dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor Semarang untuk disidangkan.

Bambang Bintoro saat ini mendekam di Lembaga Pemasyarakatan Kedungpane Semarang sejak 20 Maret 2012. Ia dinilai terlibat dalam praktik korupsi yang merugikan APBD tahun 2004 sebesar Rp 796 juta. Kasus tersebut bermula dari penggunaan pos anggaran eksekutif untuk mendanai premi asuransi 45 anggota dewan.

Setelah premi asuransi cair, dana Rp 796 juta yang sedianya hanya menjadi dana talangan awal asuransi, tidak dikembalikan. Dana hasil pencairan asuransi tersebut malah dibagikan kepada para anggota dewan sebagai bantuan purnabakti.

Padahal pemberian dana purnabakti tidak diperbolehkan apabila menggunakan pos anggaran eksekutif. Hal ini sesuai dengan hasil audit dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI usai melakukan audit di Pemerintah Kabupaten Batang. Sebagai kepala daerah, Bambang diduga mengetahui bahkan menyetujui adanya penyimpangan ini.

( Eka Handriana / CN26 / JBSM )
Sumber : http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2012/04/09/114938/Penyidikan-Bambang-Bintoro-Tuntas

9 April 2012 - Posted by | BATANG

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: