KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Riza Terancam Dijemput Paksa – Terjerat Kasus Dugaan Korupsi Bantuan Sosial


KORAN SINDO – Rabu, 04 April 2012

SEMARANG–Wakil Ketua DPRD Jateng Riza Kurniawan rencananya hari ini akan menjalani pemeriksaan di Kejari Magelang terkait kasus dugaan korupsi bantuan sosial (bansos).

Politikus dari Partai Amanat Nasional (PAN) ini diperiksa karena diduga kuat telah memotong dana bansos yang mencapai Rp1,2 miliar. Bansos tersebut berasal dari APBD Provinsi Jateng tahun anggaran (TA) 2008. Pemanggilan pemeriksaan pada hari ini merupakan yang kali ketiga. Pada pemanggilan pertama dan kedua, Riza diketahui mangkir dengan alasan sedang mengikuti kunjungan kerja dan sakit.

Kepala Kejaksaan Tinggi Jateng Bambang Waluyo menyatakan siap menjemput paksa yang bersangkutan jika mangkir untuk yang ketiga kalinya.“Yo kalau gak teko, yo iyo ditahan,” tandasnya usai menghadiri sertijab Kepala Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Jateng dari Mochtar Husein kepada Sujono di kompleks Kantor Gubernur Jateng,kemarin.

Dalam pemeriksaan tersebut Riza Kurniawan akan dimintai keterangan dalam kapasitasnya sebagai tersangka. Untuk diketahui, dugaan korupsi yang menyeret Riza Kurniawan ini terkait dengan penyaluran dana bansos bidang keagamaan di 19 titik di Kabupaten Magelang. Pemotongan dilakukan bervariasi, mulai Rp30 juta hingga Rp40 juta untuk penyaluran bansos sebesar Rp100 juta.

Kerugian negara akibat pemotongan secara komulatif tersebut mencapai Rp1,2 miliar. Kejari tidak akan kesulitan dalam mengusut perkara tersebut karena izin pemeriksaan yang bersangkutan dari Mendagri bernomor 161.33/225/SJ, tertanggal 26 Januari 2012 telah turun. Riza Kurniawan belum bisa dikonfirmasi atas perkara tersebut karena ponselnya bernada tidak aktif.Ketua DPW PAN Jateng Wahyu Kristianto saat dikonfirmasi mengaku belum mendengar kasus yang menjerat kadernya tersebut.

Sejauh ini pihaknya belum berkoordinasi dengan Lembaga Advokasi PAN (LaPAN) Jateng.“Belum ada permintaan dari Mas Riza,”kata dia. Koordinator Komite Penyelidikan Pemberantasan, Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KP2KKN) Jateng Windy Setyawan mendesak agar Kejari Magelang berani melakukan penahanan terhadap Riza Kurniawan, setelah dilakukan pemeriksaan. Jika tidak dilakukan penahanan, dikhawatirkan yang bersangkutan justru melarikan diri.

“Jangan sampai seperti Johan Firdaus (eks DPRD Jateng dari PAN) yang sampai sekarang masih menjadi DPO,” pinta Windy. Selama ini, kata Windy, penanganan kasus ini cukup lama. Pihaknya berharap agar kejari secepatnya menuntaskan, dan menyeret semua pihak yang terlibat di dalamnya. ● arif purniawan

Sumber : http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/483250/

4 April 2012 - Posted by | MUNGKID - KAB. MAGELANG

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: