KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Daerah Dilarang Pungut Biaya E-KTP


foto

E-KTP. Tempo/Tony Hartawan

TEMPO.CO – SELASA, 03 APRIL 2012

 

TEMPO.COSemarang  Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Kependudukan Provinsi Jawa Tengah melarang seluruh kabupaten/kota di Jawa Tengah memungut biaya terhadap warga yang ingin membuat kartu tanda penduduk elektronik atau e-KTP.

“Semuanya gratis. Tak boleh ada pungutan dan biaya-biaya,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Kependudukan Provinsi Jawa Tengah Edison Ambarura di Semarang, Selasa, 3 April 2012.

Edison meminta kepada pembuat e-KTP yang dikenai biaya maupun retribusi agar segera melaporkan diri.

Saat ini, 27 kabupaten/kota di Jawa Tengah memulai pembuatan e-KTP. Sebelumnya, 8 kabupaten/kota lainnya sudah melakukan e-KTP tahun lalu.

Edsion menyatakan pembuatan e-KTP akan dilakukan hingga Desember 2012 mendatang. Setelah itu, pembuatan e-KTP disebut sebagai pembuatan e-KTP reguler karena sudah di luar program nasional e-KTP.

Edison menyatakan hingga kini belum ada keputusan apakah pembuatane-KTP secara reguler itu dipungut biaya ataukah masih tetap gratis. “Saat ini masih dirembuk di tingkat pemerintah pusat,” katanya.

Perdebatannya, kata Edison, adalah siapakah yang akan menanggung biaya pembuatan e-KTP reguler tersebut. Apakah dibebankan kepada warga pembuat e-KTP atau kepada pemerintah. Jika pemerintah, maka apakah dianggarkan pemerintah pusat melalui APBN ataukah pemerintah daerah melalui APBD provinsi maupun kabupaten/kota. Soal kebutuhan per pembuatan e-KTP, hingga kini juga masih belum dihitung.

ROFIUDDIN

Sumber : http://www.tempo.co/read/news/2012/04/03/058394526/Daerah-Dilarang-Pungut-Biaya-E-KTP

3 April 2012 - Posted by | SEPUTAR JAWA TENGAH - PROV. JATENG

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: