KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Sakit, Cirus Minta Penangguhan Penahanan


KOMPAS.com – Kamis, 4 Agustus 2011

 

KOMPAS/LUCKY PRANSISKA
Terdakwa Cirus Sinaga menyimak pembacaan putusan sela dalam kasus penggelapan yang dilakukan mantan pegawai pajak Gayus HP Tambunan di Pengadilan Negeri Tangerang, Banten, Kamis (30/6).

 

JAKARTA, KOMPAS.com – Terdakwa kasus dugaan korupsi Cirus Sinaga meminta kepada Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi yang diketuai Albertina Ho untuk menangguhkan penahanannya. Jaksa non aktif itu beralasan membutuhkan pengobatan di luar tahanan secara rutin selama enam bulan berturut-turut.

“Saya ingin memulihkan kesehatan saya sampai enam bulan berturut-turut. Sementara (perawatan) di tahanan enggak memadai untuk kesehatan saya. Maka saya mohon lah Bu, untuk ditangguhkan penahanan saya demi kesehatan saya,” kata Cirus.

Sebelumnya, Cirus empat kali tidak menghadiri persidangannya karena menjalani perawatan di Rumah Sakit Polri Kramat Jati. Kuasa hukum Cirus yakni Tumbur Simanjuntak mengatakan bahwa kliennya menderita sakit diabetes komplikasi. Saat ditanya kondisi kesehatannya hari ini, Cirus yang duduk di kursi persidangan dengan mengenakan batik itu mengaku kondisinya membaik. Hanya saja, daya ingatnya menurun.

“Kalau perubahan kesehatan sudah ada, semakin baik. Cuma masih kurang begitu (baik) perkembangannya, daya ingat juga,” ucapnya.

Menanggapi permintaan Cirus, Hakim Albertina Ho meminta tim penasehat hukum Cirus untuk menuangkan permohonan penangguhan penahanan itu dalam bentuk surat. “Supaya menjadi pertimbangan kami,” ujar Albertina.

Hari ini, Cirus menjalani persidangan dengan agenda pemeriksaan saksi-saksi. Sebanyak empat saksi yang dihadirkan hari ini merupakan penyidik Bareskrim Mabes Polri. Mereka adalah Mardiyani, Pambudi Pamungkas, Abdi Farhanudin, dan Edi Haryanto.

Cirus didakwa merekayasa surat dakwaan terhadap Gayus Halomoan Tambunan, terdakwa mafia pajak, yang mengakibatkan Majelis Hakim Pengadilan Negeri Tangerang membebaskan Gayus dari tuduhan pencucian uang dan penggelapan.

Cirus didakwa sengaja menghilangkan pasal korupsi dalam dakwaan Gayus. Dia memerintahkan jaksa Nasran Azis untuk membuat dakwaan tanpa pasal korupsi.

4 Agustus 2011 - Posted by | BERITA KORUPSI NASIONAL

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: