KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Kejaksaan Selidiki Dugaan Korupsi RSBI


Penyalahgunaan Anggaran
KOMPAS.com -Jumat, 22 Juli 2011

shutterstock
Ilustrasi

JAMBI, KOMPAS.com — Kejaksaan Negeri Jambi kini sedang menyelidiki kasus dugaan korupsi anggaran untuk Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) SMK Negeri 3 Jambi tahun anggaran 2009 senilai Rp 650 juta. Kepala Kejaksaan Negeri Jambi Sugito, Jumat (22/7/2011), mengatakan, untuk saat ini kasus RSBI SMK Negeri 3 Jambi masih dalam tahap penyelidikan.

Hasil pengumpulan data dan penyelidikan sementara kasus RSBI SMKN 3 Jambi akan ditingkatkan status pemeriksaannya dari tahap penyelidikan ke penyidikan tindak pidana khusus. Dalam kasus ini, hasil pemeriksaan sementara terungkap bahwa ada dugaan penyalahgunaan anggaran dari pusat untuk RSBI di sekolah tersebut, terutama pada perlengkapan dan pengadaan peralatan.

Dari total anggaran sebesar Rp 650 juta untuk RSBI SMKN 3 Jambi tersebut, berdasarkan laporan masyarakat, ada beberapa barang atau perlengkapan yang tidak terpenuhi sesuai anggaran yang seharusnya diadakan pada sekolah tersebut.

Selain itu, berdasarkan laporan yang masuk ke Kejaksaan Negeri Jambi, anggaran tahun 2009 tersebut diduga tidak sesuai rencana anggaran biaya. Diketahui ada beberapa item pengadaan tersebut tidak sesuai. Penyidik masih terus mendalami dugaan tindak pidana korupsi dalam kasus itu karena belakangan diketahui ada revisi dalam pengadaan barang di proyek RSBI SMKN 3 Jambi tersebut.

“Setelah kasus ini naik ke tahap penyelidikan dan jika ditemukan indikasi perbuatan melawan hukumnnya, kami akan ekspos kepada publik,” kata Sugito.

Saat ini, pihak Kejari Jambi juga sudah meningkatkan dua perkara dugaan korupsi ke tahap penyelidikan, yakni RSBI SMKN 3 Jambi dan kasus dugaan penyalahgunaan pengadaan alat laboratorium untuk Balai Lingkungan Hidup Kota Jambi.

“Kedua kasus itu dalam waktu dekat ini mudah-mudahan bisa ditingkatkan ke penyidikan,” ujarnya.

22 Juli 2011 - Posted by | BERITA KORUPSI NASIONAL

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: