KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Pembangunan Perpus Diduga Bermasalah


SUARA MERDEKA – Kamis, 21 Juli 2011

 

  • Polres Lakukan Penyelidikan

SIDOREJO – Anggota Unit Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Polres Salatiga, Rabu (20/7) pagi mendatangi SMAN 3 Salatiga guna melakukan pemeriksaan gedung  perpustakaan di sekolah tersebut.

Tindakan itu dilakukan untuk mengetahui secara langsung ada tidaknya penyimpangan dari pekerjaan bangunan tersebut. Pembangunan gedung perpustakaan itu diduga terjadi penyimpangan. Berdasarkan informasi yang dihimpun, pembangunan gedung perpustakaan di SMA dilaksanakan tahun anggaran 2010, dengan nominal sekitar Rp 200 juta, dimenangkan oleh salah satu rekanan.

Namun kemudian rekanan itu mengalihkan pembangunannya kepada rekanan lain atau disubkan kepada rekanan kedua, yang kemudian mengesubkan lagi kepada rekanan yang lain. Namun setelah pekerjaan selesai, rekanan terakhir itu diduga tidak mendapatkan bayaran. Karena tidak mendapatkan bayaran, maka mereka melaporkannya ke polisi. Selain itu, hasil pekerjaan tersebut juga diduga bermasalah karena pembangunannya tidak sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan.

Selain anggota Tipikor Polres Salatiga, pengecekan itu juga diikuti pegawai dari Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Salatiga, Bagian Hukum dan dari pihak rekanan pelaksana pembangunan. Pengecekan dilakukan secara tertutup dan wartawan tidak diperkenankan masuk. Saat itu, tampak para petugas terlihat mencatat dan mendata bagian-bagian dari bangunan tersebut.

Mereka beberapa kali kepada pihak rekanan dan pengawas dari DPU Kota Salatiga. Setelah sekitar hampir satu jam berada di lapangan, mereka kemudian meninggalkan lokasi dan menuju Mapolres Salatiga. Salah satu penyidik juga meminta agar wartawan meminta penjelasan langsung kepada Kapolres. Sementara itu Kapolres Salatiga AKBP Drs Kusdiantoro SH tatkala dikonfirmasi mengatakan, pihaknya baru akan memberikan penjelasan pada Kamis (21/7) hari ini. “Besuk (hari ini) saja ya,(kami beri penjelasan),” tandas Kapolres.

Pejabat Diperiksa

Sementara itu Kepala Bagian Hukum Setda Kota Salatiga Ardiyantara SH MH tatkala ditemui membenarkan bila sejak Selasa (19/7) lalu ada beberapa pejabat di Pemkot yang diperiksa di Mapolres Salatiga, salah satunya adalah Sekretaris Daerah (Sekda) Drs Agus Rudianto MM. Saat diperiksa di Mapolres Salatiga, para pejabat itu didampingi oleh Kasubag Bantuan Hukum dan HAM Sunaryo SH MHum. “Dari surat panggilan yang ditembuskan kepada kami, mereka dipanggil untuk dimintai keterangan terkait pembangunan perpustakaan SMAN 3,” terang Ardiyantara.

Dari pengamatan di lapangan, gedung perpustakaan tersebut berukuran sekitar 12 x 10 meter. Bangunan bercat kuning krem tersebut terlihat masih baru. Di dalam ruangan hanya terdapat dua lemari berwarna coklat yang masih terlihat kosong, juga beberapa meja dan kursi. Di atas pintu masuk bangunan tersebut terdapat tulisan Perpustakaan 2 dan Library 2.

Kepala SMAN 3 Salatiga Sujit Mudjirno SIP MPd ketika ditemui menerangkan, bangunan perpustakaan tersebut anggarannya berasal dari Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disidkpora). Namun pihak sekolah tidak tahu berapa nilai pasti pembangunan gedung tersebut.  “Kami tahunya matangnya saja, atau bangunan itu sudah jadi dan tidak tahu berapa anggarannya, Karena kalau bertanya-tanya rasanya tidak etis,” tegasnya.

Sujit juga mengungkapkan, bangunan itu juga dibangun pada tahun 2010 lalu, namun dia mengaku lupa kapan pastinya. Menurutnya, bangunan yang letaknya tidak jauh dari ruangan kepala sekolah itu juga saat ini sudah dipergunakan untuk perpustakaan. (H53,H32-72)

21 Juli 2011 - Posted by | SALATIGA

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: