KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

KPK Telisik Kerugian Rp 1,6 T Penerimaan Pajak Negara


SUARA MERDEKA CyberNews – Senin, 18 Juli 2011
14 Perusahaan Asing Migas Mengemplang Pajak

Jakarta, CyberNews. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menegaskan akan menindak 14 perusahaan asing migas (minyak dan gas) pengemplang pajak. KPK akan menelusuri ada atau tidaknya masalah hukum pada perusahaan yang diduga telah melakukan pengemplangan pajak.

“Kalau untuk urusan ekonominya, kita desak kepada Direktorat Jendral Pajak untuk menagih utang pajak mereka, tapi kalau ada indikasi masalah hukumnya tentu KPK yang akan menelusurinya,” kata Wakil Ketua KPK Bidang Pencegahan, Haryono Umar saat dihubungi, Senin (18/7).

Menurutnya, masalah pengemplangan pajak yang dilakukan 14 perusahaan asing yang bergerak di sektor migas itu menjadi prioritas penanganan KPK, yang harus diselesaikan pada tahun ini. Karena, jika pengemplangan pajak itu terus dibiarkan, dikhawatirkan kerugian keuangan negara akan terus terjadi.

Dia juga mengkhawatirkan, jika tidak segera diselesaikan, kemungkinan besar data-data mengenai tindakan 14 perusahaan asing itu akan hilang.

“Karena itu, kami terus mendesak kepada Direktorat Jendral Pajak dan BP Migas untuk segera menagih utang pajak mereka selama puluhan tahun terakhir ini,” ujarnya.

Sebelumnya, Haryono menyebutkan sebanyak 14 perusahaan asing yang bergerak di sektor migas tidak membayar pajak. Kerugian yang ditimbulkan diperkirakan mencapai angka triliuan rupiah.

Menurutnya, berdasarkan catatan dari BP Migas, kerugian negara yang ditimbulkan akibat tidak dibayarnya pajak oleh perusahaan asing itu mencapai angka Rp 1,6 triliun. Namun, Haryono memperkirakan angka itu jauh lebih besar karena baru BP Migas yang baru melakukan pendataan.

( Mahendra Bungalan / CN33 / JBSM )

18 Juli 2011 - Posted by | BERITA KORUPSI NASIONAL

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: