KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Pemerintah Daerah Perlu Mengubah Mental Birokrasi


SUARA MERDEKA CyberNews – Kamis, 14 Juli 2011

Wonosobo, CyberNews. Reformasi birokrasi merupakan langkah untuk mengubah birokrasi yang tidak efektif menjadi birokrasi modern atau dapat diartikan pembaharuan dan perubahan mendasar terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan. Reformasi mental dibutuhkan sumber daya manusia aparatur pada tingkat pemerintahan daerah.

Hal ini disampaikan Dra Endang Purwaningsih, Kepala Bidang Penyiapan Koordinasi Pelaksanaan Program Pendayagunaan Aparatur Negara Daerah, Kementerian PAN dan Reformasi Birokrasi RI di Wonosobo, Kamis (14/7).

Dia mengemukakan, reformasi birokrasi dapat dimaknai sebagai sebuah perubahan besar dalam paradigma dan tata kelola pemerintahan. Perubahan besar tersebut diperlukan mengingat adanya overlapping antar fungsi-fungsi pemerintahan, melibatkan jutaan pegawai serta memerlukan anggaran yang tidak sedikit. Terkait hal itu pula, reformasi birokrasi pada akhirnya memerlukan innovation breaktrough (terobosan baru) dengan langkah-langkah secara bertahap.

Dijelaskannya, reformasi birokrasi sebagai pertaruhan besar abad 21 tersebut mampu mengurangi dan pada akhirnya menghilangkan setiap penyalahgunaan kewenangan publik oleh yang bersangkutan. “Kegagalan reformasi birokrasi akan memicu munculnya antipati, trauma dan berkurangnya kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah,” jelasnya.

Menurutnya, Kementerian PAN dan RB saat ini telah usai merancang Grand Design Reformasi Birokrasi kurun waktu 2010-2025 berisi langkah-langkah umum penataan organisasi, penataan manajemen sumber daya manusia aparatur dan pemberantasan praktek KKN.

( Edy Purnomo / CN31 / JBSM )

14 Juli 2011 - Posted by | WONOSOBO

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: