KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Ada Keganjilan Dalam Penyewaan Merpati


SUARA MERDEKA CyberNews – Kamis, 07 Juli 2011

Jakarta, CyberNews. Tim penyidik Kejaksaan Agung menemukan adanya indikasi keganjilan terkait penyewaan pesawat PT Merpati Nusantara Airlines.

Direktur Penyidikan, M Jasman Panjaitan pada Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (Jampidsus) menyatakan, keganjilan tersebut, mengenai masalah penyewaan pesawat PT. Merpati pada tahun 2006, yang dinilai telah merugikan negara sebesar 1 juta dolar AS atau hampir Rp 9 miliar.

“Kami menemukan kasus itu masalah penyewaan pesawat sebanyak 2 unit dari Amerika Serikat. Waktu itu, disepakati harga sewa 500 ribu dolar AS per unit. Didalam kontrak itu ada dua unit sudah dibayarkan dengan ketentuan, sudah terkirim 2007, ternyata tidak pernah dikirim, itu laporan yang kami terima,” ujar Jasman kepada wartawan di gedung bundar, Kejagung, Jakarta, Kamis (7/7).

Menurut Jasman, ada keganjilan dalam penyewaan tersebut, karena dilakukan bukan di China melainkan di Amerika Serikat, sementara pesawat ada di China. Akan tetapi, hingga saat ini pesawat urung sampai juga di Indonesia, padahal sudah tahun 2011 dan uang sewa pun telah dikucurkan miliaran rupiah.

“Ya, Rp 9 miliar lah, uang sudah terkirim. Kami selidiki, kerugian negara 1 juta dolar AS waktu itu,” ucapnya.

Tim penyidik pada Jampidsus masih melakukan tahap penyelidikan, untuk mengusut kasus ini, mengenai apakah saat penyewaan tersebut ada ijin pada Menteri BUMN dan Komisarisnya.

“Kita lagi mencari dulu ada perbuatan melawan hukumnya. Apakah penyewaan itu memerlukan ijin Meneg BUMN, itu masih didalami. Apakah mereka boleh tidak melakukan seperti itu,” tegas Jasman Panjaitan.

( Budi Yuwono / CN32 / JBSM )

7 Juli 2011 - Posted by | BERITA KORUPSI NASIONAL

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: