KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Dari Guru Wajib Bawa Siswa sampai Gratis Biaya Sekolah


SUARA MERDEKA – Senin, 03 Juni 2013

  • Sekolah Swasta Adu Cepat Jaring Siswa
SEMENTARA sekolah negeri belum membuka penerimaan peserta didik (PPD) baru, sekolah swasta favorit sudah menutup pendaftaran siswa. Sekolah swasta seakan beradu cepat menjaring siswa. Seperti SMA Karangturi Semarang. Sekolah di Jalan Raden Patah ini sudah selesai melaksanakan proses PPD sejak Februari 2013 lalu.

Kepala SMA Karangturi Semarang, Irawan Nirwanto mengatakan, pendaftaran siswa baru di satuan pendidikannya dilakukan sejak November 2012 hingga Februari 2013. Namun meskipun saat ini sudah tidak menerima siswa baru lagi, secara prinsip tahun pelajaran 2013/2014 akan dimulai seperti ketentuan dari pemerintah.

”Adapun tahun ini SMA Karangturi menerima 240 siswa untuk delapan kelas. Mereka pun di seleksi melalui beberapa jalur, yakni daftar ulang kenaikan jenjang bagi lulusan SMP Karangturi, jalur prestasi, dan jalur tes tertulis,” ungkapnya.

Untuk jalur kenaikan jenjang ini memang diprioritaskan bagi lulusan SMP Karangturi yang ingin melanjutkan ke SMA yang sama. Adapun jalur prestasi adalah bagi mereka yang memiliki prestasi nonakademik khususnya basket, diseleksi dan bagi yang diterima akan dibebaskan dari biaya pendidikan mulai uang gedung, uang sekolah, mendapat biaya hidup dan tinggal di asrama. Untuk jalur tes tertulis akan menyeleksi siswa dari sisa daya tampung jalur sebelumnya.

Proses penerimaan siswa baru yang mendahului PPD negeri ini, menurut Irawan, bukan masalah mau dulu-duluan. Akan tetapi pihak sekolah hanya menjalankan kesepakatan dengan orang tua siswa. ”Maklum saja, namanya juga sekolah nenek moyang, jadi kami memiliki segmen sendiri. Kebanyakan orang tua yang dulunya sekolah di Karangturi juga menghendaki anaknya sekolah disini juga,” tuturnya.

Namun saat sekolah favorit sudah menutup pendaftaran bagi siswa baru, satuan pendidikan yang kurang peminat terus berjuang mendapatkan peserta didik. Seperti yang dilakukan SMA Ki Ageng Pandanaran, sekolah yang berlokasi di Jalan Brigjen Sudhiarto No 599 ini berupaya agar ada anak yang mau menempuh pendidikan di institusi tersebut.

Berbagai cara pun dilakukan pada penerimaan siswa baru tahun 2013/2014 ini, yaitu dengan membebaskan uang pendaftaran, uang gedung, dan SPP selama satu tahun. ”Kami lakukan itu selain agar anak mau sekolah di tempat kami, juga supaya sekolah ini tetap bertahan. Fokus kami pun juga diperuntukkan bagi siswa dari keluarga tidak mampu,” ungkap Waka Kesiswaan SMA Ki Ageng Pandanaran, Hartini.

Untuk mendapatkan siswa, pihak sekolah rela melakukan jemput bola dengan mendatangi rumah keluarga kurang mampu dan panti asuhan. Bahkan, guru-guru di sekolah tersebut juga diwajibkan membawa satu siswa untuk sekolah di SMA Ki Ageng Pandanaran.

”Apalagi coba yang bisa kami lakukan agar ada anak yang mau sekolah di tempat ini. Sebab yang ingin kami kehendaki adalah agar SMA Ki Ageng Pandanaran ini tetap memiliki siswa, walaupun gaji guru rela dikurangi hingga hanya menerima Rp54 ribu/bulan untuk mensubsidi biaya pendidikan murid,” kata Hartini.
Kepala Sekolah SMA Kesatrian 1  Drs Toto  mengatakan pihaknya bersiap menampung lulusan SLTP yang berkeinginan melanjutkan ke jenjang SLTA.  PPD di sekolahnya bahkan dibuka hingga penerimaan siswa di SMA negeri rampung.

Adapun Kepala SMP Kesatrian 2, Solikul Hadi mengakui jumlah pendaftar di sekolah swasta cenderung menurun dari waktu ke waktu. Dia pun  meminta perhatian pemerintah supaya keberadaan sekolah swasta bisa bertahan hidup.  (Anggun Puspita, Hari Santoso-39)

Sumber : http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2013/06/03/226602/Dari-Guru-Wajib-Bawa-Siswa-sampai-Gratis-Biaya-Sekolah
About these ads

4 Juni 2013 - Posted by | SEMARANG

Belum ada komentar.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 57 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: