KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

6.576 Bakal Caleg Bertarung


KORAN SINDO – Selasa, 23 April 2013

JAKARTA– Komisi Pemilihan umum (KPU) menyatakan ada 6.576 bakal calon legislatif (caleg) dari 12 parpol peserta pemilu untuk tingkat pusat yang akan bertarung di Pemilu 2014.

Jumlah ini terlihat dari ditutupnya tahapan penyerahan daftar calon sementara(DCS) parpol peserta Pemilu 2014 oleh KPU. Ketua KPU Husni Kamil Manik mengatakan, KPU telah menerima berkas 6.576 bakal calon legislatif (caleg) dari 12 parpol peserta pemilu untuk tingkat pusat.

Dari jumlah itu, tercatat2.434 orang caleg perempuan dan 4.142 orang caleg laki-laki. Dari 12 parpol peserta Pemilu 2014, sebanyak delapan parpol mengajukan 560 orang bakal caleg atau 100% dari jumlah kursi yang tersedia. Sementara empat parpol lainnya mengajukan bakal caleg kurang dari 560 orang.

“Delapan parpol yang mengajukan 100% bakal caleg yakni Partai Hanura, Partai Golkar, Partai Nasdem, Partai Gerindra, PAN, PPP, PKB, dan Partai Demokrat; sedangkan empat parpol yang mengajukan bakal caleg kurang dari 100%, PDIP, PKS, PKPI, dan PBB,” tandas Husni di Kantor KPU Pusat, Jakarta, kemarin.

Selanjutnya, KPU akan melakukan verifikasi terhadap syarat pengajuan pencalonan dan syarat bakal calon dari 23 April hingga 6 Mei 2013. Hasil verifikasi ini akan disampaikan kepada parpol pada 7–8 Mei 2013. Dia mengungkapkan, parpol akan diberi kesempatan untuk melakukan perbaikan pada 9–22 Mei 2013.

Verifikasi terhadap perbaikan daftar calon akan dilaksanakan sejak 23–29 Mei 2013. Penyusunan dan penetapan DCS dilakukan pada 30 Mei hingga 12 Juni 2013, sedangkan pengumuman DCS akan dilaksanakan pada 13–17 Juni 2013. Husni mengutarakan, KPU juga memperbolehkan parpol untuk menambah, mengurangi, atau mengubah nomor urut bakal caleg.

Hal ini dapat dilakukan sesudah masa verifikasi berkas bakal caleg pada 23 April–8 Mei 2013, atau tepatnya saat masa perbaikan berkas bakal caleg yang dilakukan pada 9–22 Mei 2013. “Perubahan masih dapat dilakukan selama daftar bakal caleg belum menjadi DCS. Boleh mengurangi dan menambah. Ketentuannya, masa perbaikan dan belum sampai tahapan penetapan DCS,” paparnya.

Soal kemungkinan potensi konflik di internal parpol jika diperbolehkan mengubah nomor urut bakal caleg, anggota KPU Ferry Kurnia Rizkiyansyah menyatakan kebijakan tersebut diserahkan kepada internal parpol masing-masing. “Itu terserah internal partai,” ujarnya.

Sementara itu, delapan parpol peserta Pemilu 2014 kemarin menyerahkan daftar calon legislatif sementara (DCS) ke KPU. Delapan parpol itu adalah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Nas- Dem, dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI).

Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDIP Tjahjo Kumolo mengatakan, partainya secara resmi menyerahkan 560 caleg ke KPU. Jumlah ini ditetapkan dari 22.000 bakal caleg yang mendaftar di semua tingkatan. Dari 560 caleg PDIP, 381 orang (68%) di antaranya laki-laki dan 179 orang (32%) merupakan caleg perempuan.

Dengan demikian, PDIP sudah memenuhi syarat kuota 30% caleg perempuan. “Bahkan, kami juga memperhatikan keterwakilan perempuan berdasarkan nomor urut, dengan menempatkan caleg-caleg perempuan di nomor strategis. Ada tujuh orang caleg perempuan yang kami tempatkan di nomor urut satu,” tandas Tjahjo di Kantor KPU Pusat, Jakarta, kemarin.

Dia mengungkapkan, ada beberapa anggota DPR periode 2009–2014 yang tidak mencalonkan kembali menjadi caleg. Jadi, hanya 80% anggota DPR dari PDIP yang mencalonkan kembali. Dari 94 anggota DPR, kurang lebih 74 orang yang terdaftar di DCS. Tjahjo mengklaim, kaderisasi PDIP pada proses pencalegan ini berjalan dengan baik.

Ada banyak legislator yang sebelumnya di DPRD kabupaten/kota, kini maju sebagai caleg DPRD provinsi dan caleg DPRD provinsi maju menjadi caleg DPR. “Komposisi caleg PDIP berdasarkan profesi ada mantan jenderal TNI/Polri, buruh, aktivis, olahragawan, dan pengamat politik. Dari beberapa nama itu di antaranya pengacara Junimart Girsang dan aktivis antinarkoba Henry Yosodiningrat,” tuturnya.

Wakil Ketua Umum DPP PAN Dradjad Wibowo mengklaim, partainya berkomitmen untuk menempatkan caleg perempuan di nomor urut dan dapil yang strategis. PAN mencalonkan caleg perempuan dengan nomor urut satu di 20 daerah pemilihan (dapil). Ke-20 dapil itu di antaranya dapil Jawa Barat I–VI, Jawa Tengah I, dan Gorontalo.

Dradjad menyampaikan, dari 560 caleg yang didaftarkan sebanyak 208 orang (37%) di antaranya caleg perempuan. “Mantan petenis dunia kebanggaan Indonesia Yayuk Basuki adalah caleg perempuan yang menjadi andalan PAN di Pemilu 2014. Yayuk akan maju dari dapil Jawa Tengah I dengan nomor urut satu,” paparnya.

Dradjad mengutarakan, semua anggota DPR dari PAN sebanyak 45 orang dicalonkan kembali menjadi caleg. Pihaknya juga mengklaim, DCS PAN telah mencerminkan komitmen yang tinggi terhadap regenerasi. Ini terlihat dari 60% caleg PAN yang berusia 50 tahun ke bawah.

Ketua Umum DPP PPP Suryadharma Ali menyampaikan, partainya menargetkan bisa meraih 12% kursi parlemen dari 560 caleg yang didaftarkan. Komposisi caleg PPP yakni 354 orang (63%) caleg laki-laki dan 206 orang (37%) caleg perempuan. Suryadharma mengatakan, ada 22 dapil yang mengusulkan caleg perempuan dengan nomor urut satu. Sementara dari 38 orang anggota DPR dari PPP, empat orang di antaranya tidak mencalonkan kembali.

“Kualifikasi caleg PPP berdasarkan pendidikan bergelar doktor (S-3) ada 14 orang (2,5%) dan bergelar master (S-2) 111 orang (19,8%), sehingga total caleg PPP yang telah menempuh pendidikan pascasarjana ada 125 orang,” paparnya. PPP juga mengandalkan beberapa caleg pendatang baru. radi saputro

Sumber : http://www.koran-sindo.com/node/310168

About these ads

23 April 2013 - Posted by | BERITA KORUPSI NASIONAL

Belum ada komentar.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 55 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: