KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Warga Tuntut Sekretaris Desa Mundur


SUARA MERDEKA – Selasa, 16 April 2013

KEBUMEN – Ratusan warga Desa Mengkowo, Kecamatan Kebumen berunjukrasa menuntut Sekdes Madmuji dipindah dari desanya, Senin (15/4). Pasalnya, Madmuji dinilai gagal menjalankan fungsinya. Sekdes juga dinilai tidak disiplin dalam masuk jam kerja. Pada kesempatan tersebut warga meminta pertanggungjawaban atas tidak transparannya beberapa masalah keuangan desa. Ratusan warga berjalan kaki berkeliling desa sambil membawa poster dan spanduk bertuliskan tuntutan sekdes untuk mundur atau dipindah. Mereka juga membawa replika keranda mayat sebagai simbol matinya profesionalisme kinerja sekdes. Iring-iringan massa yang terdiri atas anak-anak, pemuda dan orang dewasa itu menuju balai desa setempat untuk menyuarakan aspirasinya. Koordinator aksi yang juga menjabat sebagai anggota BPD Mengkowo, Suprayitno mengatakan, sekdes kerap tidak masuk kerja atau bolos.

Padahal, keberadaannya sangat penting untuk mendukung kinerja Pemerintahan Desa Mengkowo. “Harga mati, sekdes harus mundur,” kata Suprayitno dalam orasinya. Dia menjelaskan, berdasarkan PP nomor 53 tahun 2010 tentang Disiplin PNS, tindakan indisipliner Madmuji harus diberi sanksi tegas. Dalam peraturan tersebut dijelaskan bahwa bagi anggota PNS yang tidak menjalankan fungsinya dengan baik atau melalaikan tugas harus diberhentikan dengan tidak hormat. “Pelanggaran Madmuji sudah tergolong pelanggaran berat dan harus dikenakan sanksi,” tegasnya. Tertib Demonstrasi tersebut berlangsung tertib. Terlihat personel polisi bersiaga mengamankan jalannya unjukrasa. Kedatangan ratusan warga tersebut disambut oleh Kades Mengkowo, Eko Wibowo untuk berdialog di halaman balai desa setempat. Eko berjanji akan menindaklanjuti aspirasi tersebut. Persoalan kinerja Sekdes Mengkowo memang sudah muncul sejak lama. Pihaknya juga sudah melaporkan hal tersebut kepada Pemkab Kebumen. “Akan kami tindaklanjuti,” katanya.

Dia menjelaskan, usulan warga sejatinya sudah diakomodir melalui tindakan persuasif dari desa dengan melakukan koordinasi Pemdes Mengkowo dengan Pemkab Kebumen pada 10 April lalu. Pertemuan tersebut langsung dipimpin oleh Sekda Kebumen, Adi Pandoyo SH MSi. Madmuji diberi alternatif langkah oleh Pemkab untuk mengajukan permohonan mutasi, tetapi hal itu diabaikan. “Saya juga kecewa dengan tindakan sekdes,” tegas Eko. Menanggapi tuntutan warga, Sekdes Mengkowo Madmuji mengatakan, akan menyerahkan masalah itu kepada Pemkab Kebumen. Sebab, keberadaannya sebagai sekdes bukan atas pemilihan warga, melainkan penugasan dari Pemkab Kebumen. (K42-91,23)

Sumber : http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2013/04/16/221940/Warga-Tuntut-Sekretaris-Desa-Mundur

About these ads

16 April 2013 - Posted by | KEBUMEN

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 55 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: