KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Tak Ada Bukti Baru, Gugatan Ditolak


SUARA MERDEKA – Kamis, 04 April 2013

SEMARANG – Pengadilan Negeri Semarang menolak gugatan praperadilan atas Surat Perintah Penghentian Penyidikan (SP3) kasus korupsi dana komunikasi APBD Kota Semarang 2004 senilai Rp 3,9 miliar. Kasus itu melibatkan nama mantan Wali Kota Semarang, Sukawi Sutarip. Hakim menilai penggugat tak memiliki bukti baru untuk menyanggah SP3 itu.

Penggugat praperadilan itu sendiri adalah Komite Penyelidikan Pembrantasan Korupsi Kolusi dan Nepotisma (KP2KKN) Jateng dan Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI). Menurut hakim tunggal, Togar bukti yang diajukan KP2KKN dan MAKI tidak kuat.

Salah satunya adalah bukti putusan perkara mantan Bupati Pati, Tasiman yang terlibat korupsi APBD Pati 2003 dalam pos dana laporan pertanggungjawaban. Menurut Togar, hal itu tidak bisa dijadikan alat bukti, karena perkaranya berbeda dengan perkara yang menyangkut Sukawi. Masing-masing perkara juga berdiri sendiri.

’’Dalam pokok perkara, menolak secara keseluruhan gugatan pemohon dan membebankan biaya perkara sebesar Rp 5 ribu kepada pemohon,’’ kata Togar.

Perihal eksepsi Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah yang menyatakan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) bukan pihak berkepentingan, Togar tak sepakat.

Atas putusan tersebut Presidium MAKI Boyamin Saiman mengaku kecewa. Pihaknya berencana akan mengajukan upaya hukum atas putusan tersebut dengan mengajukan Peninjauan Kembali ke Mahkamah Agung.

Menurutnya, ahli dalam perkara bukan bagian dari pembuktian tindak pidana. Sebab dalam persidangan, seoprang hanya dimintai pendapat yang harus diuji dalam persidangan.

Dana tersebut dinilai sudah masuk dalam daftar anggaran satuan kerja (DASK) pada APBD 2004 serta dibuatkan Peraturan Daerah (Perda) No 10/2003 tentang APBD 2004. Sedangkan, dana bantuan mobilitas anggota DPRD Semarang senilai Rp 1,8 miliar hanya kesalahan administrasi dan anggota DPRD secara bertahap sudah mengembalikan ke kas daerah Kota Semarang. (H89-90)

Sumber : http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2013/04/04/220639/Tak-Ada-Bukti-Baru-Gugatan-Ditolak

About these ads

4 April 2013 - Posted by | BERITA KORUPSI NASIONAL, KP2KKN DALAM BERITA, SEMARANG

Belum ada komentar.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 57 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: