KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

291 Kepala Daerah Tersangka Korupsi


SUARA MERDEKA – Selasa, 02 April 2013

  • Mendagri Prihatin

JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) H Gamawan Fauzi mengaku prihatin atas laporan soal 291 kepala daerah telah menjadi tersangka kasus dugaan korupsi. Atas fakta tersebut, Mendagri meminta kepala daerah supaya berhati-hati dalam menggunakan kewenangannya yang begitu besar.

“Dari 536 kabupaten/kota yang ada saat ini, sudah ada 291 kepala daerah jadi tersangka korupsi. Ini kan fakta yang memprihatinkan. Kasus ini terjadi pada saat begitu besarnya kewenangan yang diberkan ke daerah. Maka dari itu saya minta pada kepala atau wakil kepala daerah yang ikut orientasi, juga bagi yang belum ikut agar hati-hati,” kata Gamawan pada pembukaan Orientasi Kepemimpinan dan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Angkatan II /2013 di Badan Diklat Kemendagri, Kalibata, kemarin.

Pahami  Aturan

Menurut dia, saat ini urusan daerah hanya 24 persen yang ditangani provinsi. Daerah (kabupaten/kota) menangani 76 persennya. Kewenangan yang begitu besar itu baru akan berdaya dan berhasil guna, bila ditangan kepala daerah yang andal.

Dalam arti memahami aturan sehingga tidak terjerat hukum, mampu mengelola potensi daerahnya serta mampu melakukan terobosan dan inovasi demi memajukan daerahnya.

Dalam kesempatan sama, Kepala Badan Diklat Kemendagri Harunata mengatakan para peserta orientasi diharapkan memahami berbagai konsep, teori, filosofi kepemimpinan dan penyelenggaraan pemerintah daerah. Materi-materi diberikan narasumber yang memang telah berpengalaman menerapkan dalam menjalankan pemerintahan daerahnya.

Selain itu juga dilakukan pengenalan dan pemahaman produk kebijakan di lingkungan Kemendagri, DPR, DPD, KPK, Mabes Polri, Kejakgung, Kemen LH dan PPATK.

Orientasi dibuka dengan pembacaan pernyataan kesungguhan mengikuti kegiatan tersebut. (F4-90)

Sumber : http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2013/04/02/220352/291-Kepala-Daerah-Tersangka-Korupsi

About these ads

3 April 2013 - Posted by | BERITA KORUPSI NASIONAL

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 54 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: