KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Pilkades E-Voting Melanggar Perda


SUARA MERDEKA – Sabtu, 09 Februari 2013

BOYOLALI – Dasar hukum pemilihan kepala desa (Pilkades) secara e-voting yang akan diselenggarakan di lima desa dipertanyakan. Pilkades dengan cara tersebut dinilai bertentangan dengan Perda tentang Pilkades yang harus dengan mencoblos.
Awal Maret mendatang Pilkades e-voting akan diujicoba di lima desa, yaitu Desa Kebongulo (Kecamatan Mu­suk), Kebonbimo (Boyolali), Gondang Slamet (Ampel), Ka­­rangnongko (Mojosongo) dan Desa Genting (Cepo­go).

Menurut penuturan H Fuadi, Wakil Ketua DPRD, ada Perda 11/2006 yang diubah dengan Perda 22/2006 serta Peraturan Bupati (Perbub) 37/2006 yang mengatur tentang tata cara pencalonan, pemilihan, pelantikan, dan pemberhentian kades.

Sesuai paturan tersebut, pemungutan suara Pilkades dilakukan dengan cara mencoblos. ‘’Perda tersebut belum dicabut. Jadi Pilkades sistem elekronik tidak memiliki dasar hukum yang kuat,’’ ujar dia, kemarin.
Dia menambahkan, jika Pilkades e-voting dipaksakan, bisa dianggap abuse of power karena bertentangan dengan peraturan perundang-undangan.

Revisi

Pendapat yang sama juga disampaikan Agus Ali Rosidi, anggota Fraksi Nurani Partai Golkar. Dia berharap sebelum Pilkades e-voting dilaksanakan, harus ada revisi Perda terlebih dahulu.
Sebab Perda yang ada masih mensyaratkan pemungutan suara dengan cara mencoblos. Sehingga harus diubah supaya tidak timbul persoalan hukum. ‘’Mestinya Perda yang ada direvisi dulu, baru bisa diselenggarakan Pilakdes e-voting,’’ ujarnya.

Sekda Sri Ardinisngsih mengatakan, saat ini dasar hukum Pilkades e-voting sedang dalam proses. Tidak harus mengubah atau mencabut Perda yang ada, melainkan cukup dengan Perbub. ‘’Saat ini sedang proses. Dasar hukum itu cukup Perbub,’’ terang dia.
Dijelaskannya, Pilkades e-voting ini merupakan uji coba pertama kali bahkan di tingkat nasional. (G19-26)

Sumber : http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2013/02/09/214693/Pilkades-E-Voting-Melanggar-Perda
About these ads

11 Februari 2013 - Posted by | BOYOLALI

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 50 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: