KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Terdakwa Kasus Korupsi Divonis Bebas


KORAN TEMPO – JUM AT, 14 SEPTEMBER 2012

PALU – Majelis Hakim Pengadilan Negeri Palu memvonis bebas terdakwa kasus korupsi pembangunan gedung wanita di Provinsi Sulawesi Tengah, Kasman Lassa, kemarin. Ketua majelis hakim, Aloysius Bayuaji, dalam amar putusannya, menyebutkan bahwa anggota staf ahli Gubernur Sulawesi Tengah itu tidak terbukti melakukan tindakan korupsi seperti yang tercantum dalam dakwaan primer maupun sekunder yang diajukan oleh jaksa penuntut.

Dalam dakwaan primer, jaksa menjerat Kasman dengan Pasal 2 ayat 1 juncto Pasal 18 ayat 1 huruf b Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, yang telah diubah menjadi Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan UU Nomor 31.”Dalam hal itu, Kasman Lassa tidak terbukti memperkaya diri sendiri atau orang lain,” kata Aloysius Bayuaji, saat membacakan putusannnya, kemarin.

Hakim juga mengatakan bahwa Kasman tidak terbukti melakukan tindakan korupsi secara bersama-sama sebagaimana diatur dalam Pasal 3 juncto Pasal 18 ayat 1 huruf b Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999, yang telah diubah menjadi Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001.

Kasus dugaan korupsi ini terjadi pada 2010, saat Kasman menjabat Kepala Biro Perlengkapan umum dan Pengelolaan Aset Daerah Sulawesi Tengah. Dalam proyek pembangunan Gedung Wanita yang menelan biaya Rp 11 miliar itu, Kasman bertindak sebagai kuasa pengguna anggaran. Jaksa, dalam dakwaannya, menyebutkan bahwa tindakan korupsi yang dilakukan oleh Kasman membuat negara merugi Rp 1,4 miliar. Kasus ini juga menyeret tujuh tersangka lainnya yang masih menjalani proses hukum.

Jaksa penuntut umum, Arianti, langsung menyatakan akan mengajukan permohonan kasasi dalam 14 hari ke depan. “Saya tidak bisa terima putusan ini,” ujar Arianti seusai sidang. Jaksa sebelumnya menuntut calon Bupati Donggala itu dengan hukuman 15 bulan penjara dan denda Rp 50 juta subsider 3 bulan kurungan.

Adapun Kasman langsung menyambut vonis bebas dengan bersujud syukur. Ratusan pendukungnya ikut menyambut putusan itu dengan sukacita. Menanggapi vonis bebas tersebut, kuasa hukum Kasman, Abdul Rahman Kasmin, sejak awal mengaku optimistis bahwa kliennya akan bebas dari jeratan hukum. “Tidak ada kerugian negara yang dinikmati oleh Kasman Lassa,” ujarnya kemarin. DARLIS

Sumber : http://koran.tempo.co/konten/2012/09/14/285943/Terdakwa-Kasus-Korupsi-Divonis-Bebas

About these ads

14 September 2012 - Posted by | BERITA KORUPSI NASIONAL

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 54 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: