KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Gaji PNS Naik, Beban APBD Bertambah


SUARA MERDEKA.com – Kamis, 30 Agustus 2012

KARANGANYAR, suaramerdeka.com – Dengan rencana kenaikan gaji PNS sebesar 7 persen pada tahun depan, maka dibutuhkan anggaran setidaknya Rp 38 miliar/tahun dari APBD. Saat ini dari APBD 2012 Perubahan yang sebesar Rp 1,2 triliun yang sudah disetujui DPRD untuk dibahas, sebesar 65-70 persen habis hanya dipergunakan untuk membayar gaji dan belanja pegawai, termasuk tunjangan sertifikasi profesi guru.

Kepala Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kabupaten Karanganyar Drs Tatag Prabawanto MM saat ditemui di Gedung DPRD menjelaskan, meski kenaikan gaji hanya sebesar 7 persen, namun nanti pasti akan terjadi deviasi atau penyimpangan.

Di mana kenaikan jumlah anggaran yang dikeluarkan dari APBD untuk membayar gaji PNS nantinya lebih dari 7 persen. “Nanti paling tidak, dengan rencana kenaikan 7 persen itu, maka angka mutlak kenaikan di APBD kurang lebih 9 persen untuk membayar kenaikan gaji tersebut,” tandas Tatag tatkala ditemui Kamis (30/8).

Dia lalu mencontohkan dengan kenaikan gaji PNS tahun lalu yang sebesar 10 persen. Tapi setelah diolah, kenaikan sesungguhnya sekitar 12 persen. Hal itu bisa terjadi karena gaji para pegawai selalu mengalami kenaikan berkala yang harus dibayarkan.

Manakala ditanya apakah kenaikan gaji PNS itu berimbas pula pada kenaikan Dana Alokasi Umum (DAU) yang akan diterima Kabupaten Karanganyar dari pemerintah pusat, hal itu menurut Tatag, juga harus melihat dari besaran APBN. Namun bila dilihat dari pengalaman-pengalaman sebelumnya, adanya kenaikan gaji PNS maka otomatis DAU yang diterima juga mengalami kenaikan.

“Pasalnya kalau gaji naik DAU tidak naik, maka hal itu akan menjadi beban APBD. Selain karena gaji PNS adalah tanggungjawab pemerintah pusat, maka daerah berharap DAU juga bertambah,” tegasnya.

( Basuni Hariwoto / CN26 / JBSM )

Sumber : http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2012/08/30/128456/Gaji-PNS-Naik-Beban-APBD-Bertambah
About these ads

30 Agustus 2012 - Posted by | KARANGANYAR

Belum ada komentar.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 57 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: