KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Pejabat Dilarang Terima Parsel


SUARA MERDEKA – Selasa, 14 Agustus 2012

PURWOREJO-Para pejabat di lingkungan Pemkab Purworejo dilarang menerima paket parsel yang biasanya dikirimkan menjelang Lebaran. Jika ada pejabat yang tetap nekat menerima paket parsel, maka pejabat tersebut terancam sanksi dari proses hukum.

“Saya tegaskan kepada seluruh pejabat Pemkab untuk tidak menerima parsel Lebaran dalam bentuk apapun yang mengindikasikan adanya sesuatu di balik pemberian tersebut,” kata Bupati Mahsun saat dimintai konfirmasi wartawan, kemarin.

Lebih lanjut dikatakan,  larangan bagi seluruh pejabat di lingkungan Pemkab Purworejo terima parsel Lebaran dari pihak manapun, diberlakukan sebagai bentuk komitmen untuk menjalankan tata kelola pemerintahan yang baik. Larangan tersebut juga sesuai dengan imbauan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang menganggap parsel Lebaran sebagai gratifikasi.

“Namun jika parsel itu dari kalangan kerabat dekat yang tidak ada indikasi apapun, saya kira sah-sah saja. Kalau maknanya lebih kepada ucapan selamat Lebaran saja, dan siapapun berhak menerimanya. Tapi sesuai aturan jika pejabat mau memberi parsel kepada bawahannya silahkan itu tidak dilarang,” katanya.

Bupati menegaskan, apabila ada pejabat yang melanggar aturan tersebut maka akan diproses sesuai dengan aturan yang ada. “Larangan ini sifatnya bukan kita menghalangi hak seseorang, akan tetapi lebih kepada penghindaran yang bersifat mengarah kepada budaya suap yang samar. Alangkah baiknya jika mereka yang ingin memberikan parsel itu disalurkan kepada pihak yang lebih membutuhkan, seperti masyarakat yang tidak mampu, yang jauh labih banyak manfaatnya,” tandanya.

Sekda Purworejo Tri Handoyo menambahkan, pihaknya telah menindaklanjuti Surat Pimpinan KPK Republik Indonesia No B.1827/01-13/07/2012 tentang larangan pejabat menerima parsel dan sejenisnya dalam rangka menyambut Lebaran, Natal dan Tahun Baru dengan pembuatan Surat Edaran (SE) Bupati Purworejo No 451/3986/2012 yang mengatur hal itu di lingkup Pemkab Purworejo.

“SE sudah saya dikirimkan kepada semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Saya minta semua pejabat di Pemkab Purworejo untuk mematuhinya. Tapi kalau cuma menerima kartu Lebaran saya kira tidak ada masalah,” tambahnya. (H43-45,15)

Sumber : http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/08/14/195802/Pejabat-Dilarang-Terima-Parsel

About these ads

14 Agustus 2012 - Posted by | PURWOREJO

Belum ada komentar.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 55 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: