KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Transaksi Jual Beli Tanah Tol Diblokir


KORAN SINDO – Kamis, 05 April 2012

SALATIGA – Pemkot Salatiga memblokir transaksi jual beli tanah di enam kelurahan di Kecamatan Sidorejo dan Tingkir yang akan terkena pembangunan jalan tol Semarang – Solo seksi III Bawen – Boyolali.

Kebijakan tersebut dibuat untuk mengantisipasi adanya spekulan dan broker yang hendak memanfaatkan proses pembebahasan lahan jalan tol untuk mencari keuntungan pribadi, golongan atau kelompok. Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkot Salatiga Agus Rudianto menyatakan,momentum pembebasan lahan untuk pembangunan sarana infrastruktur masyarakat rawan dimanfaatkan spekulan dan broker untuk mencari keuntungan. Ini harus diantisipasi agar proses pembebasan lahan di Salatiga bisa berjalan dengan baik dan lancar.

”Atas dasar itu, kami melarang warga di enam kelurahan yang bakala terkena pembangunan jalan tol untuk menjual tanahnya kepada siapapun. Kami juga akan memblokir semua transaksi tanah dienam kelurahan tersebut,” paparnya kemarin. Berdasarkan masterplanpembangunan megaproyek tersebut, panjang jalan tol seksi III Bawen-Boyolali sepanjang 17,5 kilometer.

Sedang yang melintas di Kota Salatiga hanya sepanjang 1,5 kilometer yang melintasi enam wilayah kelurahan di Kecamatan Sidorejo dan Tingkir.Keenam kelurahan tersebut yakni, Bugel, Kauman Kidul,Sidorejo Kidul, Tingkir Lor, Tingkir Tengah, dan Kutowinangun. Menurut Agus, pemblokiran transaksi jual beli tanah tersebut sudah sesuai dengan aspek penatagunaan tanah (PGT).

Kebijakan ini segera disosialisasikan kepada warga, kepala kelurahan, camat dan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) di Salatiga. Dia mengungkapkan, berdasarkan pengalaman pembebasan lahan jalan lingkar selatan (JLS) dan jalan tol di daerah Kabupaten Semarang,para spekulan tanah sengaja membeli tanah yang dijadikan jalur jalan dan yang berada ditepian jalur milik warga dengan harga murah.

Setelah terjadi pembebasan lahan mereka akan memperoleh keuntungan karena harga ganti rugi tanah lebih tinggi dari nilai jual objek pajak (NJOP) tanah. Lebih jauh Agus mengatakan, selain memblokir transaksi jual beli tanah,pemkot juga melarang anggota tim Panitia Pengadaan Tanah (P2T) Kota Salatiga ikut bermain dalam proses pembebasan lahan jalan tol. P2T harus bersikap transparan terhadap warga yang terkena proyek jalan jalan tol.

”Kami sudah mewanti-wanti dan melarang anggota P2T melakukan penyimpangan dalam proses pembebasan lahan. Jika ada anggota P2T yang terbukti melakukan penyimpangan akan kami tindak tegas,” katanya. Ketua Tim Pengadaan Tanah (TPT) jalan tol Semarang- Solo Seksi III Bawen-Boyolali Heru Budi Prasetya menyatakan, sejauh ini pihaknya masih merahasiakan lokasi jalur jalan tol seksi III dan luasan lahan yang akan dibebaskan.

Jalur jalan tol dan luasan lahan yang akan dibebaskan baru akan dipublikasikan setelah selesai pematokan jalur. ”Ini kami lakukan untuk mengantisipasi spekulan dan broker,”tegasnya. Menurut dia, setelah pematokan jalur,TPT akan menunjuk tim appraisal (penaksir harga) untuk menghitung harga tanah sesuai dengan kondisi tanah.

”Yang jelas, semua tahapan proses pembebasan lahan akan dilakukan sesuai dengan rgulasi dan instruksi Kementerian PU (Pekerjaan Umum). Kami sudah mengantisipasi semua bentuk penyimpangan dan menutup semua celah yang bisa dimanfaatkan spekulan maupun broker,”tandasnya. ● angga rosa

Sumber : http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/483517/
About these ads

5 April 2012 - Posted by | SALATIGA

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 50 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: