KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

’’Nyonggek’’ Anggaran di DPU Pati


SUARA MERDEKA – Kamis, 29 Desember 2011

SURAT PEMBACA SUARA MERDEKA
Berbagai kasus korupsi dan mafia pajak di ibu kota yang tidak kunjung terselesaikan oleh pemerintah, menyedot perhatian masyarakat Indonesia. Walau demikian pejabat di daerah nampaknya tidak peduli terhadap kasus tersebut, dan tetap berani bertindak yang cenderung melanggar hukum dan rasa keadilan masyarakat.

Contohnya di DPU Kabupaten Pati. Ada yang masih berani melaksanakan pengadaan barang/jasa yang berbau mafia, karena pemenangnya sudah dapat ditebak, tetap orang-orang tertentu. Apalagi dengan diberlakukannya Perpres No 54 Tahun 2010 sebagai pengganti Keppres No 80 Tahun 2003 yang oleh beberapa pengamat dinilai lebih longgar, membuat petugas makin berani bertindak diskriminatif terhadap rekanan di luar kelompok orang dalam. Seperti pada pelelangan pekerjaan fisik tahun anggaran 2011 yang dibiayai dana pemerintah.

Muncul pula istilah sistem ijon, yaitu sekelompok orang tertentu yang dikoordinasi oleh orang dalam telah membayar di muka sejumlah uang untuk menurunkan (nyonggek) anggaran dari pusat dan pekerjaannya telah dilelang 2011.

Bagi rekanan di luar kelompok tersebut tetap bisa mendaftar, namun jangan berharap bisa lolos sebagai pemenang, karena pasti akan digugurkan oleh panitia dengan alasan tertentu. Calon pemenang biasanya sudah ada. Kejadian ini sudah berjalan lama, sehingga membuat frustasi rekanan lain yang tidak tergabung dalam kelompok. Apakah sistem yang sudah berjalan cukup lama ini bapak mantan bupati Pati tidak mengetahui? Tanyalah pada rumput yang bergoyang.

Ahmad Saerozi
RT 07/02 Rambutan
Ciracas, Jakarta Timur

About these ads

29 Desember 2011 - Posted by | ARTIKEL, PATI

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 54 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: