KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Kasus Dugaan Korupsi: Kajari Buol Dicopot


MEDIA INDONESIA.COM – Senin, 07 Februari 2011

JAKARTA–MICOM: Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Buol, Sulawesi Tengah, Agus Sugiharto, beserta Kasi Intel Kejari Buol Yusuf Sahrir akhirnya dicopot setelah ditemukan indikasi penyalahgunaan kewenangan dalam penanganan tindak pidana korupsi pengadaan alat geologi pada 2009. Keduanya didisfungsionalkan sebagai akibat pelanggaran tersebut.

“(Mereka) Sudah dijatuhi keputusan, dicopot dari jabatan Kasi Intel dan Kajarinya. Kajatinya belum terbukti, dia baru ada wacana,” kata Jamwas Marwan Effendy kepada wartawan di Jakarta, Senin (7/2).

Pemeriksaan ini dilakukan pihak Jamwas setelah mendapat laporan tentang dugaan penyuapan terhadap pejabat Kejari Buol. Pemeriksaan dilakukan terhadap enam jaksa di Kejari Buol dan tiga orang dari pihak luar.

Dari pemeriksaan diketahui bahwa para pejabat Kejari sempat membahas permintaan Bupati Buol untuk membantu Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Buol, Ahmad Batalipu. “Menurut rekaman,meminta tolong supaya kepala dinas jangan ditahan mungkin ada semacam iming-iming, ini baru dibacakan. Jadi, belum terbukti menerimanya. Tapi itu sudah cukup bagi kami menghukum dia, dicopot,” cetusnya.

Indonesia Corruption Watch (ICW) melaporkan dugaan praktik suap di Kejari Buol ke KPK pada Senin (31/1) lalu. Menurut ICW, dugaan penyuapan ini berhasil dibongkar oleh anggota Lembaga Pengembangan Studi Hak Asasi Manusia (LPSHAM), Ricky Muda, setelah secara tidak sengaja mendapatkan rekaman pembicaraan oknum pejabat-pejabat Kejari Buol.

Rekaman tersebut dapat diketahui bahwa pemberian suap tersebut dimaksudkan agar tersangka dugaan korupsi proyek pengadaan alat geologi, yakni Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Buol, Ahmad Batalipu, tidak ditahan.

Selain Ahmad, pada kasus dugaan korupsi Proyek Pengadaan Alat Geologi tahun anggaran 2009, Kejari Buol juga telah menetapkan Pejabat Pemimpin Teknis Kegiatan Dinas Pertambangan dan Energi kabupaten Buol, Supandi Lasman, sebagai tersangka. (Din/OL-11)

About these ads

8 Februari 2011 - Posted by | BERITA KORUPSI NASIONAL

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 55 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: