KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Bupati Rembang Tersangka Korupsi Rp 5,2 M


SUARA MERDEKA CyberNews – Rabu, 23 Juni 2010

Semarang, CyberNews. Bupati Rembang Moch Salim ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi anggaran penyertaan modal PT Rembang Bangkit Sejahtera Jaya (RBSJ) pada APBD Rembang 2006/2007. Salim dinilai bertanggungjawab atas kerugian keuangan negara senilai Rp. 5,2 Miliar.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Suara Merdeka, selain Salim, Polda juga telah menetapkan Direktur PT RBSJ Siswadi sebagai tersangka.  Penetapan keduanya diketahui dari surat pemanggilan saksi nomor SP/722/VI/2010/Reskrim tertanggal 16 Juni 2010. Surat ditandatangani Kasat Opsnal III/Pidkor AKBP Sugeng Hariyanto SIK MHum atas nama Direskrim Polda Jateng.

Surat tersebut berisi panggilan agar saksi menghadap penyidik Kompol Suhartono, Rabu (23/6) untuk didengar keterangannya sebagai saksi dalam perkara tindak pidana korupsi penyalahgunaan APBD Rembang 2006/2007 terkait penyertaan modal PT RBSJ.

Dalam surat juga tertulis bahwa tersangka dalam kasus tersebut adalah H Moch Salim (Bupati Rembang) dan HM Siswadhi SH MKn (Direktur PT RBSJ).

Selain itu Polda juga menyatakan bahwa keduanya dijerat dengan pasal 2 (ayat 1) dan pasal 3 Undang-undang no. 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo UU no 20 tahun 201 Jo Pasal 55 (1) KUHP. Diperkuat juga dengan hasil audit investigasi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI 27 Maret 2009.

Ketika hal ini dikonfirmasikan, Kasat Opsnal III/Pidkor Polda Jateng, AKBP Sugeng Hariyanto tidak membantah soal penetapan tersangka tersebut. Namun Sugeng belum bersedia menjelaskan lebih jauh perihal penyidikan yang dilakukannya. “Iya, baru dua orang itu, nanti saya jelaskan kalau sudah ada perintah atasan, ” kata Sugeng.

Sugeng hanya mengatakan bahwa pihaknya masih dalam tahap pemeriksaan saksi. Namun siapakah saksi yang diperiksa, ia tidak bersedia membeberkan. Tapi berdasarkan penelusuran di lapangan, Suara Merdeka mendapat informasi bahwa Rabu (23/6), penyidik Polda memeriksa beberapa orang saksi. Diantaranya mantan anggota DPRD Rembang Sugeng Ibrahim serta pemilik tanah yang dibeli PT RBSJ, Rosidah.

Kasus ini berawal ketika Pemkab Rembang mengucurkan dana penyertaan modal usaha pada PT RBSJ senilai Rp 35 milyar. Dana dikeluarkan dalam dua tahap yakni APBD 2006 Rp 25 M dan APBD 2007 10 M.

Anggaran sebesar itu salah satunya digunakan untuk pendirian Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Rembang. Untuk keperluan itu, RBSJ membeli tanah milik Rosidah seluas 49.340 meter persegi seharga Rp 1,425 milyar. Namun, dalam laporannya, tanah yang dibeli hanya dicatat seluas 8 ribu meter persegi seharga Rp 1,3 milyar. Sisanya, tanah 4,1 hektar diduga jadi bancaan para pejabat di Rembang.

Pencairan dana penyertaan modal ini sendiri terdapat kejanggalan. Pada 27 November 2006 ada surat permintaan pencairan dana dan pada tanggal itu juga Bupati Salim langsung memberikan keputusan bernomor 347/2006 tentang otorisasi anggaran belanja daerah tahun 2006.

Anehnya lagi, duit penyertaan modal ini tidak mengucur ke rekening RBSJ, tapi ke rekening atas nama Moch Salim di Bank Tabungan Negara Cabang Kudus.

Kasus ini pernah diusut oleh DPRD Rembang dengan membentuk Panitia Khusus (Pansus) yang kemudian melaporkannya ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Belakangan, berdasarkan laporan masyarakat Polda Jateng menerjunkan timnya untuk menyelidiki.

( Anton Sudibyo /CN13 )

About these ads

24 Juni 2010 - Posted by | SEPUTAR JAWA TENGAH - PROV. JATENG

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 55 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: