KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Semua Anggota Komisi B Terima Dana


SEPUTAR INDONESIA – Jum’at, 11 Juni 2010

SLAWI(SI) – Tersangka kasus dugaan korupsi bantuan 20 ekor sapi Muksin Al Katirin mulai “bernyanyi”. Mantan anggota FPAN DPRD Kabupaten Tegal periode 2004-2009 ini mengaku tidak sendiri menikmati bantuan sapi senilai total Rp180 juta yang kini tengah diusut Kejari Slawi.

Pengakuan itu diungkapkan Al Katirin kepada wartawan sebelum diperiksa Kasi Intelijen Kejaksaan negeri (Kejari) Slawi Gunawan kemarin. “Saat program bantuan itu digulirkan, saya baru beberapa hari dilantik jadi anggota Dewan. Saya tidak ikut pembahasan APBD 2009.Saat saya masuk,APBD sudah diketok,”ungkapnya. Muksin yang menjadi anggota DPRD melalui pergantian antarwaktu (PAW) pada 24 Maret 2009 itu mengungkapkan, dalam APBD II 2009 itu tercantum program bantuan 20 ekor sapi senilai Rp180 juta.

Bantuan itu diperuntukkan bagi anggota Dewan yang akan purna tugas.Namun, secara administrasi bantuan itu digulirkan melalui kelompok ternak.Sebagai kompensasi, para peternak diberikan sejumlah uang. Bantuan dikirimkan dari Dinas Peternakan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Tegal dalam bentuk sapi. “Program bantuan ini mungkin semacam dana aspirasi. Namun, saya tidak tahu persis karena tidak ikut pembahasan,” ujar mantan Wakil Ketua Komisi B ini.

Dia menilai bantuan 20 ekor sapi ini diberikan untuk 10 anggota Komisi B. Setiap anggota mendapat jatah dua ekor sapi. Bagi yang tidak mengambil jatah sapi diberikan kompensasi berupa uang tunai. “Begitu sapi datang, masingmasing anggota (Komisi B) ambil dua sapi. Yang tidak ambil sapi diuangkan. Jadi, saya harus jual sapi dulu.Saya pribadi tidak ambil uang, hanya ambil dua ekor sapi saja,”ungkapnya.

Penasihat hukum tersangka Waris Prabowo mengatakan kliennya diperiksa terkait kronologi penyaluran bantuan sapi yang didanai dari APBD II 2009 dan hasil rapat komisi dengan Dinas Peternakan Kelautan dan Perikanan. “Sementara ini baru enam pertanyaan yang diajukan penyidik ke klien saya. Pertanyaannya masih seputar kronologi pencairan bantuan sapi,”katanya.

Kasi Intelijen Kejari Slawi Gunawan menyatakan tersangka diperiksa untuk menelusuri awal mula bantuan sapi yang diduga terjadi penyimpangan. “Keterangan tersangkainiuntukkepentinganpenyidikan. Hingga kini kami belum menyimpulkan apakah ada tersangka baru atau tidak,”ucapnya lagi. Terkait penyidikan kasus sapi tersebut, sebanyak 20 orang saksi sudah dimintai keterangan. Saksi ini terdiri atas dua kelompok peternak sapi, tujuh mantan anggota Komisi B,dan pejabat Dinas PKP. (kastolani)

About these ads

11 Juni 2010 - Posted by | SEPUTAR JAWA TENGAH - PROV. JATENG

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 55 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: